ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP BAURAN PEMASARAN RUJAK BUAH ULEK OLEH ISTANA RUJAK DAN RUJAK BUAH PAK YADI

Desi, Aryani and Nyayu, Neti Arianti and Basuki, Sigit Priyono (2022) ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP BAURAN PEMASARAN RUJAK BUAH ULEK OLEH ISTANA RUJAK DAN RUJAK BUAH PAK YADI. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
SKRIPSI LENGKAP DESI ARYANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Buah-buahan memiliki peranan besar dalam keanekaragaman pangan serta
mencukupi kebutuhan gizi masyarakat. Rujak buah merupakan satu dari banyak variasi
olahan buah-buahan segar yang telah lama dikenal masyarakat. Permintaan masyarakat
untuk mengonsumsi rujak buah yang masih tinggi sehingga aktivitas pemasaran rujak buah
banyak digeluti oleh pelaku usaha. Keputusan pembelian bagi konsumen sangat
dipengaruhi oleh sifat yang dimiliki oleh produk tersebut. Produk yang cocok dengan
harapannya maka akan menjadi acuan bagi konsumen dalam pengambilan keputusan.
Penelitian dilakukan pada bulan April-Mei 2022 di Istana Rujak yang terletak di
Jalan Pariwisata, tepatnya di depan Sport Center Pantai Panjang Kota Bengkulu, dan rujak
buah ulek Pak Yadi di Jalan S.Parman Kelurahan Kebun Kenanga Ratu Agung Kota
Bengkulu. Penentuan lokasi ini dilakukan secara sengaja (purposive). Responden yang
diteliti dalam penelitian berjumlah 96 responden yang membeli dan mengonsumsi rujak
buah ulek pada kedua pedagang.
Hasil persepsi konsumen terhadap bauran pemasaran produk di Istana Rujak yaitu
sebanyak 88,54% dan di rujak buah Pak Yadi sebanyak 61,45% memiliki persepsi yang
baik. Persepsi konsumen terhadap harga di Istana Rujak yakni sebanyak 90,62% dan di
rujak buah Pak Yadi sebanyak 68,79% memiliki persepsi yang baik. Persepsi konsumen
terhadap bauran pemasaran promosi di Istana Rujak didominasi berada dikategori baik.
Sedangkan tingkat persepsi konsumen terhadap bauran pemasaran promosi di rujak buah
Pak Yadi didominasi berada di kategori cukup baik. Tingkat persepsi konsumen terhadap
bauran pemasaran tempat di Istana Rujak sebanyak 91,67% berada di kategori baik.
Sedangkan untuk persepsi konsumen di rujak buah Pak Yadi rata-rata berada pada kategori
cukup baik.
Hasil penelitian hubungan persepsi terhadap produk, harga, promosi dan tempat
dengan keputusan pembelian dilihat dari hasil analisis Rank Sperman diketahui bahwa
nilai signifikansi di Istana Rujak dan di rujak Pak Yadi yaitu sama-sama 0,000 atau lebih
kecil dari  = 0,01, maka Ho ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat hubungan yang
signifikan antara persepsi terhadap bauran pemasaran produk, harga, promosi dan tempat
dengan keputusan pembelian rujak buah ulek di Istana Rujak dan di rujak buah Pak Yadi.
Nilai koefisien korelasi antara produk, harga, promosi dan tempat dengan
keputusan pembelian baik di Istana Rujak maupun rujak buah Pak Yadi terkategori
memiliki kekuatan yang berbeda-beda namun bernilai positif (+), artinya hubungan
dikatakan searah yang mengartikan bahwa jika persepsi terhadap produk, harga, promosi
dan tempat baik, maka pengambilan keputusan semakin mudah, dengan kata lain untuk
membeli rujak buah baik di Istana Rujak maupun di rujak buah Pak Yadi tidak perlu di
pikirkan dengan berat.
Kata Kunci: Rujak Buah Ulek, Persepsi Konsumen, Bauran Pemasaran, Keputusan
Pembelian

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 24 Jul 2024 04:35
Last Modified: 24 Jul 2024 04:35
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19142

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor