PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE GOVERNANCE DAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Yani, Indah and Saiful, Saiful and Husaini, Husaini (2021) PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE GOVERNANCE DAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
SKRIPSI-INDAH YANI (C1C017042).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan CSR
terhadap Nilai Perusahaan dan menggunakan variabel moderating Corporate
Governance dan Profitabilitas. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan
perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2015-2019 berjumlah
34 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder.
Metode Pengumpulan data data menggunakan teknik purposive sampling.
Analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda dengan menggunakan
program SPSS versi 22.
Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa Pengungkapan CSR
berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan. Semakin besar pengungkapan
CSR semakin besar pula Nilai Perusahaan nya. Corporate Governance sebagai
variabel moderating pertama memperkuat hubungan antara Pengungkapan CSR
terhadap Nilai Perusahaan. Dan variabel moderasi kedua Profitabilitas
memperlemah hubungan antara Pengungkapan CSR terhadap Nilai Perusahaan.
Implikasi penelitian ini memberikan informasi memberikan informasi
teoritis mengenai teori yang digunakan yaitu teori signal dan teori kontijensi.
Asumsi dari teori signal adalah para manajer perusahaan memiliki informasi yang
lebih akurat mengenai perusahaan yang tidak diketahui oleh pihak luar (investor).
Hal ini akan mengakibatkan suatu asimetri informasi antara pihak yang
berkepentingan. CSR terhadap Nilai Perusahaan dan menggunakan variabel
moderating Corporate Governance dan Profitalilitas. Pada hasil penelitian
menunjukkan hal yang sejalan dengan teori signal yang digunakan. Dalam teori
kontijensi menunjukkan apakah tingkat keandalan variabel independen selalu
berpengaruh sama pada setiap kondisi atau tidak terhadap variabel dependennya.
Keterbatasan dalam penelitian ini hanya menggunaakan sampel pada
perusahaan perbankan saja, sehingga kurang mencerminkan perkembangan nilai
perusahaan secara keseluruhan. Saran dalam penelitian ini adalah menggunakan
sampel lain yang lebih luas.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 29 Jul 2024 02:12
Last Modified: 29 Jul 2024 02:12
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19175

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200