Handayani, Wari and Resnani, Resnani and Pebrian, Tarmizi (2022) STUDI DESKRIPTIF STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK KELAS V DI SD NEGERI 04 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![WARI HANDAYANI (A1G017111) PGSD.pdf [thumbnail of WARI HANDAYANI (A1G017111) PGSD.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
WARI HANDAYANI (A1G017111) PGSD.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menanamkan
karakter tanggung jawab peserta didik di kelas V SD Negeri 04 Kota
Bengkulu.Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode
studi deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas V di SDN 04 Kota Bengkulu.
Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan obserasi, wawancara dan
dokumentasi. Data dianalisis melalui Data Colection, Data Reducation, Data
Display, Consclusion Drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa1) Guru menciptakan suasana yang nyaman, menerima peserta didik
sebagaimana adanya, serta menghargai segenap potensi yang mereka miliki;2)
Guru telah mengingatkan bahwa melakukan sesuatu itu tidak hanya semata-mata
karena prinsip timbal balik; 3) Guru menciptakan hubungan yang baik. 4) Guru
melakukan kegiatan pembiasaan. Guru kelas V telah melaksanakan keempat
strategi tersebut dalam penanaman pendidikan karakter tanggung jawab di
sekolah, baik dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas maupun di luar kelas.
Guru kelas V secara konsisten menerapkan aspek-aspek tanggung jawab tersebut
dalam keseharian terutama di lingkungan sekolah untuk memberikan sosok model
ideal bagi peserta didik untuk pertumbuhan karakter tanggung jawab peserta
didik.
Kata Kunci: Strategi Guru, Pendidikan Karakter, Tanggung Jawab
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 04:26 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 04:26 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19234 |