PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III C SDN 52 KOTA BENGKULU

Sari, Efria and Herman, Lusa and Pebrian, Tarmizi (2022) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III C SDN 52 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Efria fix cetak 1.pdf] Text
Efria fix cetak 1.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas siswa dan prestasi belajar
siswa kelas III C SDN 52 Kota Bengkulu. Penelitian yang dilakukan merupakan
penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus dengan 1 kali
pertemuan setiap siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III C SDN 52
Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non-tes
yang meliputi kegiatan observasi dan dokumentasi. Waktu pelaksanaan penelitian
ini adalah semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian ini adalah pada
observasi yang dilakukan pada siklus I, seluruh aspek kegiatan yang dinilai
dilakukan oleh guru dengan cukup baik. Pada kegiatan pendahuluan atau
pembuka, hampir seluruh kegiatan dilakukan dengan sangat baik, namun terdapat
beberapa poin aspek yang masih belum maksimal keterlaksanaannya. Pada
observasi yang dilakukan siklus II ini, seluruh aspek kegiatan yang dinilai
dilakukan oleh guru sudah sangat baik, meskipun masih ada beberapa poin yang
masih sedikit belum maksimal. Aktivitas peserta didik pada siklus I mendapatkan
rata-rata skor 19.5 dengan kategori baik, pada siklus II mendapat rata-rata skor 22
dengan kategori sangat baik. Prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai
presentase ketuntasan klasikal 76.92% kemudian meningkat pada siklus II yaitu
presentase ketuntasan klasikal mencapai 92.31% Berdasarkan hasil penelitian
tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran make a match berbantuan
media audio visual Youtube dapat meningkatkan , aktivitas siswa, dan prestasi
belajar siswa kelas III C SDN 52 Kota Bengkulu. Saran yang diusulkan peneliti
adalah guru hendaknya melakukan pembelajaran yang inovatif dan menarik
misalnya dengan menerapkan model pembelajaran make a match berbantuan
media audio visual Youtube ketika mengajar.
Kata kunci: Audio Visual; Youtube; Tematik; Pembelajaran; Make a Match

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 31 Jul 2024 08:00
Last Modified: 31 Jul 2024 08:00
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19259

Actions (login required)

View Item
View Item