STUDI DESKRIPTIF FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA PRESTASI BELAJAR SISWA PASCA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS V A SD NEGERI 76 KOTA BENGKULU

Forniati,, Iyud and Osa, Juarsa and Sri, Dadi (2022) STUDI DESKRIPTIF FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA PRESTASI BELAJAR SISWA PASCA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS V A SD NEGERI 76 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Iyud Forniati-A1G018092.pdf] Text
Iyud Forniati-A1G018092.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi
rendahnya prestasi belajar siswa pasca pembelajaran daring di kelas V A SD Negeri
76 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek
penelitian adalah wali kelas dan siswa kelas V A yang prestasi belajarnya rendah
berjumlah 7 orang serta orang tua dari siswa tersebut. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengam observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner/angket.
Analisis data menggunakan teknik analisis konsep Miles dan Huberman. Uji
kredibilitas data adalah triangulasi sumber, teknik, dan campuran serta member
check. Hasil penelitian ini yaitu adanya faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya
prestasi belajar siswa pasca pembelajaran daring di kelas V A, terutama pada
pelajaran matematika dan IPA. Faktor-faktor tersebut terdiri dari faktor internal dan
faktor eksternal. Faktor yang berasal dari dalam siswa meliputi dua aspek, yakni
aspek fisiologis dan aspek psikologis. Sedangkan faktor eksternal yaitu faktor yang
berasal dari luar siswa meliputi dua aspek, yakni faktor lingkungan sosial dan faktor
lingkungan nonsosial. Serta adanya kendala dan upaya yang dilakukan guru untuk
meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa faktor internal yang memiliki andil besar dalam prestasi belajar siswa yaitu
kondisi fisik dan inteligensi siswa, sedangkan faktor eksternal yang memiliki andil
besar yaitu lingkungan sosial di sekolah serta alat-alat belajar, juga adanya kendala
dan upaya yang telah dilakukan guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
Kata kunci: prestasi belajar, faktor internal, faktor eksternal, siswa

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:31
Last Modified: 01 Aug 2024 03:31
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19286

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200