Pratiwi, Rahayu and Sri, Dadi and Dwi, Anggraini (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV SDN 097 BENGKULU UTARA). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Rahayu Pratiwi_PGSD_ Skripsi.pdf [thumbnail of Rahayu Pratiwi_PGSD_ Skripsi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rahayu Pratiwi_PGSD_ Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap tanggung jawab dan hasil belajar
siswa kelas IV di SDN 097 Bengkulu Utara dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berbantuan media puzzle.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian
berjumlah 18 siswa dengan 11 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes serta menggunakan
rumus skor rata-rata, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan rentang nilai
untuk setiap kriteria data. Data tes dianalisis dengan menggunakan rumus nilai rata-
rata dan persentase pembelajaran klasikal. Rata-rata hasil penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berbantuan media puzzle siklus I
adalah 43,75 kategori cukup dan meningkat menjadi 69,5 kategori sangat baik.
Rata-rata hasil sikap tanggung jawab siklus I sebesar 8,5 dalam kategori cukup dan
meningkat menjadi 14,09 kategori sangat baik. Hasil belajar mata pelajaran PPKn
rata-rata siklus I adalah 69,72 dengan ketuntasan klasikal 55,55% dan meningkat
menjadi 74,67 dengan ketuntasan klasikal 88,89% pada siklus II. Hasil belajar mata
pelajaran Bahasa Indonesia siklus I rata-rata 69,36 dengan ketuntasan klasikal
61,11% dan meningkat menjadi 76,67 dengan ketuntasan klasikal 88,89% pada
siklus II. Hasil belajar mata pelajaran IPS siklus I rata-rata 70,61 dengan ketuntasan
klasikal 55,55% dan meningkat menjadi 76,25 dengan ketuntasan klasikal 94,44%
pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe picture and picture berbantuan media puzzle dapat meningkatkan
sikap tanggung jawab dan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture, Media
Puzzle, Tanggung Jawab, Hasil belajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 03:50 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 03:50 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19294 |