STUDI KASUS PENGETAHUAN DAN PENGGUNAAN LAGU WAJIB NASIONAL DALAM MENDUKUNG PROGRAM PEMBIASAAN MENYANYIKAN LAGU WAJIB NASIONAL DI KELAS IV SDN 81 KOTA BENGKULU

Agavin. MS, Agavin. MS and Bambang, Parmadie and Nady, Febri Ariffiando (2022) STUDI KASUS PENGETAHUAN DAN PENGGUNAAN LAGU WAJIB NASIONAL DALAM MENDUKUNG PROGRAM PEMBIASAAN MENYANYIKAN LAGU WAJIB NASIONAL DI KELAS IV SDN 81 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI AGAVIN (1).pdf] Text
SKRIPSI AGAVIN (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan dan
penggunaan lagu wajib nasional pada guru dan siswa di kelas IV SD
Negeri 81 Kota Bengkulu. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian
kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah
Siswa dan Guru kelas IV. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti
sendiri dengan menggunakan lembar observasi, wawancara, angket dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari
Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari pengumpulan data,
kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik
keabsahan data melalui triangulasi teknik dan membercheck. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa guru tidak selalu melaksanakan kegiatan
menyanyikan lagu wajib nasional dan tidak melakukan aktivitas
pembahasan pentingnya menyanyikan lagu wajib nasional pada pembuka
pembelajaran. Hal ini terjadi karena guru lebih mementingkan
ketercapaian materi akibat keterbatasan waktu pembelajaran. Lagu wajib
nasional yang sering dinyanyikan adalah lagu Indonesia Raya, Garuda
Pancasila dan Satu Nusa Satu Bangsa. Untuk bagian pengetahuan secara
keseluruhan bahwa pengetahuan siswa terhadap ketujuh lagu wajib
nasional yang terdiri dari 5 aspek yaitu siswa dapat menyebutkan ju dul
lagu, nama pencipta dan menyambung syair lagu namun belum dapat
menjawab bagian makna syair dan implementasi lagu dalam kehidupan
sehari-hari. Sehingga dapat disimpulkan bahwa masih banyak siswa yang
belum mengetahui makna lagu wajib nasional dan saat menyanyikan lagu
wajib nasional guru hanya sekedar mengajak menyanyikan lagu wajib
nasional saja tetapi tidak membahas makna lagunya.
Kata Kunci : Pengetahuan, Penggunaan, Lagu Wajib Nasional

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:08
Last Modified: 01 Aug 2024 04:08
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19298

Actions (login required)

View Item
View Item