PEMANFAATAN GADGET DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI KELAS IVB SD 01 KOTA BENGKULU

Junesta, Lesty and Osa, Juarsa and Irfan, Gustian (2022) PEMANFAATAN GADGET DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI KELAS IVB SD 01 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI LESTY JUNESTA (A1G018124)-PGSD (1).pdf] Text
SKRIPSI LESTY JUNESTA (A1G018124)-PGSD (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan gadget dalam
pembelajaran tatap muka di kelas IVB SDN 01 Kota Bengkulu. Adapun tujuan
khusus nya: 1) Untuk mendeskripsikan guru merancang pembelajaran dengan
memanfaatkan gadget sebagai media dan sumber belajar, 2) Untuk mendeskripsikan
guru menyiapkan alat-alat yang diperlukan untuk memanfaatkan gadget dalam
pembelajaran, 3) Untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan
memanfaatkan gadget. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif
deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IVB dan siswa kelas IVB. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi
dengan teknik analisis data Miles dan Huberman. Hasil yang diperoleh dari penelitian
ini menunjukkan:1) Pada kurikulum merdeka guru tidak lagi merancang perangkat
pembelajaran secara keseluruhan karena sudah tersedia dan di fasilitasi oleh Menteri
Pendidikan, guru hanya memilih beberapa RPP yang dibutuhkan kemudian di
kembangkan sesuai kebutuhan siswa yang telah tersedia oleh pemerintah tersebut.
Sementara untuk pemanfaatan gadget disesuaikan dengan materi ajar. 2) Untuk
ketersediaan alat sudah difasilitasi oleh sekolah seperti laptop, cas laptop, printer,
modem, speaker, proyektor, mouse dan layar proyektor. 3) Pelaksanaan kegiatan pada
kegiatan pendahuluan guru telah menyiapkan siswa dan menyampaikan tujuan
pembelajaran. Pada kegiatan inti guru sudah menyampaikan cakupan materi,
mengaitkan pembelajaran sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari. Pada
kegiatan penutup guru sudah memberikan refleksi dan mengevaluasi pembelajaran
berlangsung serta menjelaskan materi pada pertemuan selanjutnya. Kesimpulan
penelitian ini adalah pemanfaatan gadget dalam pembelajaran tatap muka di SDN 01
kelas IVB Kota Bengkulu sudah berjalan dengan mempergunakan kurikulum
merdeka dan alat-alat yang dibutuhkan mencakup laptop, cas laptop, printer, modem,
speaker, proyektor, mouse dan layar proyektor.
Kata Kunci: Gadget, Pembelajaran, pembelajaran tatap muka

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 01 Aug 2024 08:04
Last Modified: 01 Aug 2024 08:04
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19336

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200