Simatupang, Luciana Ekaristin and Pebrian, Tarmizi and Dwi, Anggraeni (2022) STUDI DESKRIPTIF KESIAPAN DAN KUALITAS PADUAN SUARA SD NEGERI 82 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI LUCIANA 2022.pdf [thumbnail of SKRIPSI LUCIANA 2022.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI LUCIANA 2022.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan dan kualitas yang
ditampilkan paduan suara SD Negeri 82 Kota Bengkulu. Metode penelitian
bersifat kualitatif deskriptif yaitu peneliti mendeskripsikan kesiapan dan kualitas
paduan suara SD Negeri 82 Kota Bengkulu sesuai dengan fakta yang terjadi di
lapangan. Subjek penelitian adalah tim paduan suara, serta guru pendamping.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber, triangulasi teknik dan membercheck. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kesiapan paduan suara belum maksimal dilihat dari aspek
kedisiplinan, paduan suara belum disiplin dalam ketepatan waktu saat latihan,
belum mampu mengontrol dirinya namun sudah menaati aturan yang ditetapkan
saat bertugas. Aspek penampilan, dilihat dari barisan yang belum berselang-
seling, sikap berdiri yang belum seragam serta paduan suara kurang memberikan
perhatian kepada dirigen. Aspek pendukung/eksternal belum maksimal dari
tempat latihan yang kurang nyaman saat terik dan panas, belum memiliki pelatih
khusus, serta dirigen yang belum mampu menguasai dan memimpin lagu dengan
maksimal. Jadwal latihan sudah menetap serta memiliki fasilitas yang mendukung
saat bernyanyi yaitu loudspeaker. Kualitas yang ditampilkan paduan suara saat
bernyanyi belum maksimal dilihat dari aspek ketepatan nada masih kurang
maksimal dalam menyesuaikan nada dengan partitur, menyokong nafas saat nada
rendah dan nada tinggi, menahan suara pada nada yang ditahan dan melelahkan,
kurang peka terhadap keselarasan dan gabungan suara, kurang mahir mengambil
lompatan nada, serta masih mengalami kesukaran pada nada-nada tertentu. Dalam
aspek keselarasan vokal dengan musik instrumen, vokal paduan suara kurang
selaras dengan musik. Dalam aspek penghayatan, paduan suara belum dapat
menghayati lagu dan menunjukkan sikap siap saat bernyanyi. Dari hasil
penelitian, disimpulkan bahwa kesiapan dan kualitas paduan suara SD Negeri 82
Kota Bengkulu belum maksimal meskipun anggota paduan suara sudah menetap
dan dari kelas tinggi.
Kata kunci: Paduan suara, kesiapan dan kualitas paduan suara.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 08:16 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 08:16 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19342 |