PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TEKS NEGOSIASI BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK KELAS X SMK NEGERI 5 KOTA BENGKULU

Santika, Welia and Ria, Ariesta and Gumono, Gumono (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TEKS NEGOSIASI BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK KELAS X SMK NEGERI 5 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi _Welia Santika_A1A018052_Pendidikan Bahasa Indonesia_ - Welia Santika.pdf] Text
Skripsi _Welia Santika_A1A018052_Pendidikan Bahasa Indonesia_ - Welia Santika.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya bahan ajar yang digunakan
guru dalam proses pembelajaran, guru hanya menggunakan LKS hasil terbitan
penerbit yang masih terdapat kekurangan dari segi materi dan tampilan. Tujuan
penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil Pengembangan Lembar Kerja Peserta
Didik (LKPD) pada materi teks negosiasi dengan model contextual teaching and
learning (CTL) yang valid dan efektif. Jenis penelitian ini adalah research and
development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (four- D) yaitu terdiri
empat tahapan, yaitu Define, Design, Develop, and Disseminate. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas XI SMKN 5 kota Bengkulu yang berjumlah 32
orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan beberapa
instrumen, yaitu instrumen validasi ahli, instrumen kebutuhan peserta didik, dan
instrumen post-test. Hasil penelitian ini adalah sebuah produk berupa LKPD
menulis teks negosiasi dengan model contextual teaching and learning untuk
kelas XI SMKN 5 kota Bengkulu. Dari hasil analisis terhadap instrumen validasi
LKPD, maka LKPD yang dikembangkan berkategori sangat valid dengan tingkat
kevalidan sebesar 85%.. Nilai efektivitas LKPD sebesar 90% dengan kategori
baik yang diperoleh dari nilai pre-test dan post-test peserta didik
Kata kunci: Contextual Teaching and Learning, Model Pengembangan four-
D (4-D), Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 02 Aug 2024 08:13
Last Modified: 02 Aug 2024 08:13
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19404

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200