KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI TBSM SMK NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Rahmawati, Annisa and Agus, Joko Purwadi and Didi, Yulistio (2023) KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI TBSM SMK NEGERI 2 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI_ANNISA RAHMAWATI_(A1A018073) - Annisa Rahmawati.pdf] Text
SKRIPSI_ANNISA RAHMAWATI_(A1A018073) - Annisa Rahmawati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan menulis cerpen siswa
kelas XI TBSM SMK Negeri 2 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan
metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dalam penelitian ini hasil
kerja cerpen siswa dan sumber data dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas
XI TBSM berjumlah 42 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes
menulis cerpen dengan instrumen berupa petunjuk menulis cerpen dengan tema
“sepeda motor” dan pedoman penilaian kemampuan menulis cerpen berdasarkan
lima komponen, meliputi aspek isi, aspek struktur, aspek diksi, aspek kalimat
naratif, serta aspek EBI. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
statistik sederhana dengan menghitung rata-rata. Hasil penelitian diperoleh bahwa
kemampuan menulis cerpen siswa pada kelas XI TBSM SMK Negeri 2 Kota
Bengkulu berkategori rendah. Hal ini berdasarkan pada skor seluruh komponen
dengan rata-rata nilai sebesar 46,07. Artinya, siswa belum memiliki kemampuan
yang memadai dalam menulis teks cerpen, masih perlu ditingkatkan lagi agar
mencapai hasil yang lebih baik. Secara khusus lima aspek kemampuan menulis
cerpen siswa sudah dicapai dengan kategori rendah, yakni (1) aspek isi, dan (2)
aspek struktur, serta (3) aspek diksi, (4) aspek kalimat naratif, dan (5) aspek EBI
berkategori cukup. Adapun nilai rata-rata yang diperoleh siswa yakni, (1) aspek
isi sebesar 9,95, (2) aspek struktur sebesar 8,02, (3) aspek diksi sebesar 8,90, (4)
aspek kalimat efektif sebesar 8,76, dan (5) aspek EBI sebesar 8,45.
Kata kunci: Kemampuan, Menulis, Teks, Cerpen, Siswa.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 02 Aug 2024 09:16
Last Modified: 02 Aug 2024 09:16
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19422

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200