Khairunnisa, Khairunnisa and Gumono, Gumono and Ria, Ariesta (2023) KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2021/2022. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi_Khairunnisa_A1A018106 _compressed - Nisa Khairunnisa.pdf [thumbnail of Skripsi_Khairunnisa_A1A018106 _compressed - Nisa Khairunnisa.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_Khairunnisa_A1A018106 _compressed - Nisa Khairunnisa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menulis cerpen pada siswa
kelas IX SMP Negeri 7 Kota Bengkulu tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini semua siswa kelas IX SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Sedangkan sampel
dalam penelitian ini menggunakan sample random sampling total yaitu sebanyak 40
orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Kemampuan menulis
cerpen dinilai dari tujuh aspek, struktur cerpen, alur, tokoh dan penokohan, latar, sudut
pandang, gaya bahasa dan amanat. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu, statistik sederhana dengan menghitung nilai rata-rata. Hasil
penelitian menunjukan bahwa kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas IX SMP
Negeri 7 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2021/2022 berkategori cukup dengan rata-rata
skor 6 artinya bahwa proses pembelajaran menulis teks cerpen di sekolah secara
keseluruhan sudah baik namun belum begitu maksimal. Berdasarkan aspek struktur
cerpen kemampuan menulis cerpen siswa rata-rata 9,25 dengan kategori cukup, aspek
alur kemampuan menulis cerpen siswa rata-rata 9 dengan kategori cukup, aspek tokoh
dan penokohan kemampuan menulis cerpen siswa rata-rata 10 dengan kategori cukup,
aspek latar kemampuan menulis cerpen siswa rata-rata 9,5 dengan kategori cukup,
aspek sudut pandang kemampuan menulis cerpen siswa rata-rata 8,25 dengan
kategori tinggi, aspek gaya bahasa kemampuan menulis cerpen siswa rata-rata 8
dengan kategori tinggi, dan pada aspek amanat kemampuan menulis cerpen siswa rata-
rata 10 dengan kategori tinggi.
Kata Kunci: Kemampuan, Menulis, Cerpen, Tema Alam, Aspek.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 09:21 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 09:21 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19424 |