Jumiati, Wiliyah and Agus, Trianto and Arono, Arono (2023) PERBANDINGAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![WILIYAH JUMIATI SKRIPSI A1A018014_FINISH_compressed - Wiliyah Jumiati.pdf [thumbnail of WILIYAH JUMIATI SKRIPSI A1A018014_FINISH_compressed - Wiliyah Jumiati.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
WILIYAH JUMIATI SKRIPSI A1A018014_FINISH_compressed - Wiliyah Jumiati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan : 1) untuk mendeskripsikan kemampuan menulis deskripsi
siswa menggunakan media gambar digital, 2) untuk mendeskripsikan kemampuan
menulis deskripsi siswa menggunakan media audiovisual, 3) untuk
mendeskripsikan perbandingan kemampauan menulis deskripsi yang
menggunakan media gambar digital dengan menggunakan media audiovisual.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif komparatif dengan pendekatan
kuantitatif. Populasi penelitiannya seluruh kelas VII SMPN 8 Kota Bengkulu
berjumlah 231 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive
sampling berjumlah sebanyak 66 siswa terdiri dari 33 siswa kelas VII 1 dan 33
siswa kelas VII 3. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes menulis.
Instrumen penelitian berupa petunjuk dan rubrik tes kemampuan menulis
deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kota Bengkulu. Teknik analisis data
menggunakan uji Independen t-test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan
bahwa 1) Kemampuan menulis deskripsi siswa kelas VII 1 SMP Negeri 8 Kota
Bengkulu saat menggunakan media gambar digital berkategori cukup dengan nilai
rata-rata siswa sebesar 72, 31. 2) Kemampuan menulis deskripsi siswa kelas VII 3
SMP Negeri 8 Kota Bengkulu saat menggunakan media audiovisual berkategori
baik dengan nilai rata-rata siswa sebesar 75,97. 3) Terdapat perbedaan
kemampuan menulis saat menggunakan media audiovisual yang lebih tinggi
dengan nilai rata-rata sebesar 75,97 dibandingkan dengan kemampuan menulis
deskripsi siswa kelas VII 1 SMP Negeri 8 Kota Bengkulu saat menggunakan
media gambar digital dengan nilai rata-rata sebesar 72,31 dengan selisih 0,5 %.
Hasil dari pengujian hipotesis diperoleh ( ) ( )
yang berada pada daerah penolakan . Hal tersebut menunjukkan bahwa,
terdapat perbedaan antara Kemampuan Menulis Deskripsi dengan media gambar
digital dan audiovisual Siswa Kelas VII SMP Negeri 8.
Kata Kunci: Perbandingan, Kemampuan, Deskripsi, Media Gambar Digital,
Media Audiovisual
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 09:31 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 09:31 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19428 |