PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI PADA SISWA KELAS VII SMPN 13 KOTA BENGKULU

Diva, Zelpia Trixci and Noermanzah, Noermanzah and Arono, Arono (2023) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI PADA SISWA KELAS VII SMPN 13 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Zelpia Trixci Diva-A1A018105 - Zhelvia Trixci Diva.pdf] Text
Zelpia Trixci Diva-A1A018105 - Zhelvia Trixci Diva.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Keterampilan menulis teks cerita fantasi salah satu keterampilan menulis yang harus
dikuasai siswa, sehingga seorang guru harus memahami seperti apa pelaksanaan
pembelajaran menulis teks cerita fantasi agar tujuan dari pembelajaran yang ingin
disampaikan tercapai. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
pelaksanaan pembelajaran menulis teks cerita fantasi. Metode yang digunakan
metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMP
Negeri 13 Kota Bengkulu dan waktu penelitian pada semester ganjil tahun ajaran
2021/2022. Data dalam penelitian berupa data pengamatan proses pembelajaran
menulis teks cerita fantasi dan sumber data pada penelitian ini adalah 1 orang guru
bahasa indonesia dan 32 orang siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan analisis data kualitatif ada empat tahap yaitu pengumpulan data,
merangkum data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dua kali pertemuan
dengan alokasi waktu 45 menit, pertemuan pertama siswa menyimak kegiatan
pembelajaran membahas tentang unsur intrinsik dan ekstrinsik teks cerita fantasi dan
pertemuan kedua siswa mengamati video cerita fantasi. Pelaksanaan pembelajaran
dilaksanakan dengan tiga tahap pembelajaran, kegiatan pendahuluan yaitu menarik
perhatian peserta didik dengan mengucapkan salam dan menyapa peserta didik,
mengecek kehadiran siswa, memberikan motivasi belajar peserta didik, mengajukan
pertanyaan terkait dengan materi yang diajarkan, kegiatan inti dalam pelaksanaan
pembelajaran menulis teks cerita fantasi menggunakan pendekatan saintifik yang
mempunyai beberapa tahap yaitu mengamati teks cerita fantasi, mengumpulkan
informasi dari apa yang diamati, mengelolah informasi berdasarkan tugas yang
diberikan guru dan kesimpulan dilaksanakan oleh guru dan siswa, dan bagian
penutup yang dilakukan dengan mengucapkan salam.
Kata kunci : pelaksanaan pembelajaran, keterampilan menulis cerita fantasi, siswa SMP.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 02 Aug 2024 09:36
Last Modified: 02 Aug 2024 09:36
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19430

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200