Kasim, Hafia Ameliyah and Sutarno, Sutarno and Rendy, Wikrama Wardana (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS VII SMPN 09 KOTA BENGKULU PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI HAFIA AMELIYAH KASIM_PENDIDIKAN IPA_2018 - amel ameliyah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran IPA model
pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), terhadap penguasaan
konsep siswa di dalam pembelajaran IPA pada materi pemanasan global. Sampel penelitian
diambil menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VII C sebagai kelas uji coba (eksperimen) dan siswa kelas VII A sebagai kelas
pembanding (kontrol). Jumlah siswa yang terlibat terdiri dari 33 siswa dari kelas VII C dan 34
siswa dari kelas VII A. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment Research tipe nonequivalent
control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes
penguasaan konsep siswa dan lembar angket respon terhadap model yang diajarkan.
Berdasarkan Hasil perhitungan penguasaan konsep dengan menggunakan uji t, diperoleh nilai
signifikansi menunjukkan 0,00 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil perhitungan
diperoleh besarnya effect size pada penguasaan konsep menunjukkan bahwa terjadi pengaruh yang
sedang. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran IPA model
pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) memberikan pengaruh
yang signifikan terhadap penguasaan konsep siswa kelas VII C SMPN 09 Kota Bengkulu.
Kata kunci : IPA, Penguasaan Konsep, CIRC, dan Pemanasan Global
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 06 Aug 2024 02:04 |
| Last Modified: | 06 Aug 2024 02:04 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19480 |

