PENGARUH MEDIA FOTOGRAFI PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN KOTA BENGKULU

Dzaqy, Achmad and Feri, Noperman and Victoria, Karjiyati (2023) PENGARUH MEDIA FOTOGRAFI PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi_Achmad Dzaqy_A1G018065_PGSD_compressed - Achmad Dzaqy.pdf] Text
Skripsi_Achmad Dzaqy_A1G018065_PGSD_compressed - Achmad Dzaqy.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media fotografi
pada pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Kota
Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode
penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain
penelitian the matching only pretest-posstest control group desaign.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SD yang ada di Kota
Bengkulu yang terakreditasi B dan diperolehlah SDN 77 Kota Bengkulu
dan SDN 50 Kota Bengkulu sebagai sampel. Teknik pengambilan
sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel pada penelitian
ini kelas V B dari SDN 77 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen,
dan kelas VB dari SDN 50 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes yang
berbentuk pilihan ganda. Pengambilan tes dilaksanakan dua kali, yaitu
sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung di kelas eksperimen
dan kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik
deskriptif dan analisis inferensial yaitu uji-t. Data hasil penelitian yang
diolah menggunakan uji-t didapatkan nilai thitung (4,93) dan nilai ttabel
(1,67) pada taraf signifikan 5%, secara statistik terlihat thitung (4,93) >
ttabel (1,67), maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh media fotografi
pada pembelajaran IPA terhadap terhadap hasil belajar siswa kelas V
SDN Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Media fotografi, Pembelajaran IPA, Hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 06 Aug 2024 08:31
Last Modified: 06 Aug 2024 08:31
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19547

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200