Manera, Lola and Puspa, Djuwita and Bambang, Parmadie (2023) MENGEMBANGKAN NILAI KARAKTER KERJA SAMA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 08 KOTA BENGKULU MELALUI EKSTRAKURIKULER SENI TARI PERSEMBAHAN DALAM RANGKA PEWARISAN BUDAYA LOKAL. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![LOLA MANERA (A2G020016) FKIP( MAGISTER S-2 PENDIDIKAN DASAR) - Lola Manera.pdf [thumbnail of LOLA MANERA (A2G020016) FKIP( MAGISTER S-2 PENDIDIKAN DASAR) - Lola Manera.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LOLA MANERA (A2G020016) FKIP( MAGISTER S-2 PENDIDIKAN DASAR) - Lola Manera.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Tujuan umum penelitian ini yaitu mendeskripsikan pengembangan nilai
karakter kerja sama pada siswa kelas IV SD Negeri 08 Kota Bengkulu melalui
ekstrakurikuler seni tari persembahan dalam rangka pewarisan budaya lokal.
Secara khusus tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan bagian dari tari
persembahan yang dapat mengembangkan karakter kerja sama pada siswa. Secara
umum mendeskripisikan bagian mana saja tari persembahan yang dapat
mengembangkan karakter kerja sama pada siswa dan faktor pendukung dan
penghambat dalam pengembangan nilai karakter kerja sama pada siswa melalui
ekstrakurikuler seni tari persembahan dalam rangka pewarisan budaya lokal.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain Studi
Kasus Tunggal. Hasil penelitian secara umum setiap bagian dari tari persembahan
baik dari pembuka inti dan penutup dapat mengembangkan karakter kerja sama
yaitu saling membantu sesama anggota dalam kelompok, menghargai kontribusi
setiap anggota kelompok, setiap anggota kelompok mengambil giliran dan berbagi
tugas, berada dalam kelompok kerja saat kegiatan berlangsung. Meneruskan tugas
yang telah menjadi tanggung jawabnya, mendorong siswa lain untuk
berpartisipasi dalam tugas kelompok. Siswa bekerja sama menyelesaikan tugas
tepat waktu karena dalam proses ekstrakurikuler seni tari siswa tolong menolong
terhadap temannya, siswa dengan teman-temannya juga berkomunikasi dengan
baik, siswa mengenal semua temannya yang ikut menari. Hasil penelitian secara
khusus disimpulkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler seni tari membentuk nilai
karakter kerja sama dilakukan dalam tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan
dan penilaian Selanjutnya karakter kerja sama ini juga diaktualisasikan siswa
dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah maupun di rumah. Kedua
Faktor yang pendukung dan penghambat dalam mengembangkan karakter kerja
sama melalui ekstrakurikuler seni tari persembahan dalam rangka pewarisan
budaya lokal meliputi faktor intern (dalam diri) yaitu kurangnya kesadaran dan
kepedulian terhadap budaya lokal.
Kata Kunci: Pengembanagan, Karakter Kerja Sama, Tari Persembahan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 03:21 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 03:21 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19597 |