PENGEMBANGAN MODUL BAHASA INGGRIS BERBASIS “FLIPPED CLASSROOM ” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Baslini, Baslini and Rambat, Nur Sasongko and Syafryadin, Syafryadin (2023) PENGEMBANGAN MODUL BAHASA INGGRIS BERBASIS “FLIPPED CLASSROOM ” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Baslini disertasi fiksssss - Baslini Bapak.pdf] Text
Baslini disertasi fiksssss - Baslini Bapak.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk terciptanya modul berbasis
flipped classroom untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Inggris
,terciptanya modul berbasis flipped classroom yang valid, terciptanya modul
berbasis flipped classroom yang praktis serta terciptanya modul berbasis flipped
classroom yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa
Inggris di SMA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model
pengembangan ADDIE, terdiri dari 5 tahap utama, yaitu analisis, desain,
development, implementation, dan evaluation. Populasi penelitian ini adalah siswa
kelas XI SMA Negeri di Kabupaten Lahat. Sedangkan untuk sampel penelitian
berjumlah 135 orang untuk kelas kontrol dan 135 orang untuk kelas experimen
diambil dengan metode teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: (1) penilaian validitas materi pada modul pembelajaran berbasis flipped
classroom oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 82,8 % dengan kategori
validitas “baik”. (2) validasi modul pembelajaran berbasis flipped classroom oleh
ahli pada aspek kegrafikaan diperoleh persentase sebesar 89,7 % dengan kategori
validitas “sangat baik”. (3) validasi modul pembelajaran berbasis flipped classroom
oleh praktisi pendidikan diperoleh persentase sebesar 82,4 % dengan kategori
validitas “baik”. Berdasarkan tabel hasil perhitungan uji N-Gain menunjukkan
bahwa rata-rata N-Gain untuk kelas eksperimen adalah sebesar 59,1989 atau 59,2
% termasuk kategori cukup efektif, dan berdasarkan tabel hasil perhitungan uji N-
Gain menunjukkan bahwa rata-rata N-Gain untuk kelas kontrol adalah sebesar
17,5066 atau 17,51 % termasuk kategori tidak efektif. Dengan demikian
penggunaan modul pembelajaran berbasis flipped classroom cukup efektif untuk
meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa. (4) Setelah mengetahui
efektivitas modul menggunakan N-Gain kemudian untuk menggeneralisasi
efektivitas penggunaan modul, dilanjutkan dengan uji independent sample t test.
Berdasarkan tabel hasil independent sample t test tersebut diperoleh signifikansi (2-
tailed) 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak.
Kata Kunci: modul, flipped classroom, hasil belajar, bahasa Inggris

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 Aug 2024 04:34
Last Modified: 07 Aug 2024 04:34
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19613

Actions (login required)

View Item
View Item