PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERARGUMENTASI UNTUK MENDIAGNOSIS PEMAHAMAN PENGETAHUAN FAKTUAL, KONSEPTUAL, PROSEDURAL DAN METAKOGNITIF MAHASISWA PADA MATERI EKOSISTEM

Walid, Ahmad and Endang, Widi Winarni and Fitri, April Yanti (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERARGUMENTASI UNTUK MENDIAGNOSIS PEMAHAMAN PENGETAHUAN FAKTUAL, KONSEPTUAL, PROSEDURAL DAN METAKOGNITIF MAHASISWA PADA MATERI EKOSISTEM. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of disertasi ahmad walid fiksssss nian.pdf] Text
disertasi ahmad walid fiksssss nian.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen penilaian
keterampilan berargumentasi untuk mendiagnosis pemahaman pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif mahasiswa pada materi
ekosistem. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development
dengan menggunakan desain model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4
tahapan yaitu tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan
penyebarluasan. Sampel penelitian dipilih secara acak dan purposive sampling.
Pengumpulan data menggunakan yaitu angket, wawancara, validasi, dan
dokumentasi. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini adalah profil rata-rata
pencapaian skor tertinggi diantara 3 PT yaitu PT C sebesar 49,10% diikuti oleh
PT A dan PT B dengan capaian skor yang yaitu 48,52% dan 48,48%. Analisis
karakteristik instrumen penilaian keterampilan berargumentasi mampu
mengidentifikasi struktur berargumentasi mahasiswa, kualitas produksi
argumentasi mahasiswa dan pola proses berpikir mahasiswa dalam rangka
menjelaskan, memutuskan, menunjukkan, dan menghasilkan penyelesaian
masalah. Kelayakan pengukuran instrumen penilaian keterampilan berargumentasi
untuk pembelajaran ekosistem dijamin oleh hasil penilaian ahli dari segi sejauh
mana butir soal tersebut mewakili konstruks yang diukur diperoleh nilai rata-rata
V aiken berturut-turut adalah 0,99; 0,96; dan 1,00 dengan nilai kritik ≥ 0,79, maka
hasil analisis dinyatakan sangat baik. pengujian reliabilitas dan validitas
instrument penilaian keterampilan beragumentasi berdasarkan hasil output
LISREL 8,80 memiliki construct reliability (0,96 > 0,70) dan valid (t-value ˃
1,96) hal ini menunjukkan bahwa reliabilitas dan validitas secara keseluruhan
baik, pengujian Goodness of Fit (GoF) pada uji coba skala luas terbukti valid
untuk soal adalah: p- value = 0,33; GFI = 0,90; RMSEA = 0,052; dan CFI =
0,94. Keefektifan instrumen penilaian keterampilan berargumentasi sudah
memenuhi sebagai instrumen yang baik setelah di uji pada skala luas dengan uji
goodness of fit dengan nilai INFT MNSQ pada rentang 0,77 -1.30 (Butir yang
diterima) dan difficult index pada rentang nilai -2≤b≤+2, memiliki reliabilitas
dengan interpretasi “tinggi”. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan
instrumen penilaian yang telah dikembangkan tersebut dinyatakan valid dan
praktis sehingga layak untuk digunakan.
Kata Kunci: Instrumen Penilaian, Keterampilan Berargumentasi, Dimensi
Kognitif, Ekosistem

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 Aug 2024 04:34
Last Modified: 07 Aug 2024 04:34
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19614

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200