Andaria, Meri and Aceng, Ruyani and Fitri, April Yanti (2023) PENGEMBANGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERKAIT INFORMAL SCIENCE EDUCATION (ISE) OMSPRA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Disertasi meri andaria 07 FEBRUARI 2023 - Meri Andaria.pdf [thumbnail of Disertasi meri andaria 07 FEBRUARI 2023 - Meri Andaria.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Disertasi meri andaria 07 FEBRUARI 2023 - Meri Andaria.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimanakah keterampilan proses
sains peserta didik saat ini di SD Kabupaten Kepahiang, menghasilkan model PjBL
ISEO yang memiliki karakteristik untuk meningkatkan keterampilan proses sains
yang layak dan efektif. Research and development (R&D) ini mengadaptasi
model pengembangan 4-D (define, design, develop, disseminate) dengan
penggalian data melalui wawancara, observasi, studi dokumen, validasi ahli, uji
coba terbatas, uji coba luas dan LPM PJBL KPS. Hasil penelitian ini adalah : 1)
Keterampilan proses sains peserta didik di SD Kabupaten Kepahiang meningkat
signifikan dengan penerapan model PjBL ISEO. 2) Model PjBL ISEO yang
memiliki karakteristik pembelajaran sains informal diluar kelas (ISE),
menggunakan model PjBL, wahana eduwisata alam yang penuh misi dan
Outbound menyenangkan. 3) Model PjBL ISEO dinyatakan sangat layak oleh
para ahli dengan nilai rata-rata sebesar 3.67 dan persentase 89.0 %. 4) Model
PjBL ISEO dinyatakan sangat efektif dengan perolehan nilai gain KPS dasar
sebesar 0.80 dan dengan nilai persentasi 80,10 % dengan predikat gain tinggi.
Model PjBL ISEO ini sangat layak dan efektif digunakan dengan menghasilkan
produk utama berupa wahana eduwisata PjBL ISEO dengan 2 buah buku
pendamping yakni buku panduan praktikum dan buku model PjBL ISEO sebagai
novelty utamanya. Model ini memiliki kontrubusi besar dalam pendidikan
terutama melengkapi praktikum sains luar kelas yang belum maksimal dilakukan
oleh guru sekolah dasar (sekolah formal).
Kata Kunci: Alam, Informal Science Education, ISEO, KPS, Laboratorium, PjBL
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 04:59 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 04:59 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19621 |