Mufianti, Faddila and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Afifatus, Sholihah (2023) PENGARUH LAYANAN INFORMASI DENGAN TEKNIK REFRAMING TERHADAP KEMATANGAN EMOSI SISWA SMP NEGERI 06 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI FADDILA MUFIANTI ( A1L019025) PRODI BK - Faddila Mufianti.pdf [thumbnail of SKRIPSI FADDILA MUFIANTI ( A1L019025) PRODI BK - Faddila Mufianti.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FADDILA MUFIANTI ( A1L019025) PRODI BK - Faddila Mufianti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan guna meningkatkan pengaruh layanan
informasi dengan teknik reframing terhadap kematangan emosi siswa kelas VIII B
SMP Negeri 06 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kuantitatif dengan desain eksperimen. Penelitian ini menggunakan subjek
berjumlah 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner
kematangan emosi dengan model skala likert. Teknik analisis data menggunakan
rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukan skor rata-rata kematangan emosi siswa
sebelum diberikan layanan informasi dengan teknik reframing rata-rata skor 96
dengan kategori sedang dan setelah diberikan layanan informasi dengan teknik
reframing rata-rata skor 127 dengan kategori tinggi. Hasil 3w uji t menunjukan
nilai t = -14.154 (p<0,05) yang berarti ada perbedaan yang signifikan terhadap
kematangan emosi siswa antara sebelum dan setelah diberikan layanan informasi
dengan teknik reframing. Artinya layanan informasi dengan teknik reframing
berpengaruh untuk meningkatkan kematangan emosi siswa kelas VIII B di SMP
Negeri 06 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada
guru bimbingan dan konseling hendaknya mempergunakan layanan informasi
dengan teknik reframing guna meningkatkan kematangan emosi siswa.
Kata kunci : Kematangan Emosi,Teknik Reframing, layanan informasi
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 08:43 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 08:43 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19652 |