PENGARUH LAYANAN INFORMASI DENGAN FORMAT KLASIKAL TERHADAP PEMAHAMAN PERILAKU KONSUMTIF PADA SISWA KELAS XI SMKN 3 KOTA BENGKULU

Nata, Waqina and I Wayan, Dharmayana and Sri, Saparahayuningsih (2023) PENGARUH LAYANAN INFORMASI DENGAN FORMAT KLASIKAL TERHADAP PEMAHAMAN PERILAKU KONSUMTIF PADA SISWA KELAS XI SMKN 3 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of WAQINA NATA (A1L019064) BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - waqina nata.pdf] Text
WAQINA NATA (A1L019064) BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - waqina nata.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan informasi dengan
format klasikal terhadap pemahaman perilaku konsumtif siswa kelas XI BC 2
SMK Negeri 3 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode eksperimen one group pretest-posttest design dengan populasi 88
siswa kelas XI dengan jumlah sampel 28 orang siswa dari kelas XI BC 2 SMK
Negeri 3 Kota Bengkulu yang ditentukan menggunakan teknik purposive
sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pemahaman benar-salah.
Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t (paired sample t-test). Hasil
yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
pemahaman perilaku konsumtif siswa setelah diberikannya layanan informasi
dengan format klasikal sebagai treatment. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata
skor sebelum diberikan treatment adalah 26,60 dalam kategori sedang dan setelah
diberikan treatment nilai rata-rata skor menjadi 33,03 dalam kategori tinggi. Hasil
uji t menunjukkan nilai t = -5,632 (P< 0,05) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.
Artinya adanya pengaruh layanan informasi dengan format klasikal terhadap
pemahaman perilaku konsumtif pada siswa kelas XI BC di SMKN 3 Kota
Bengkulu.
Kata Kunci: Perilaku Konsumtif, Layanan Informasi, Format Klasikal

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 08 Aug 2024 02:07
Last Modified: 08 Aug 2024 02:07
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19667

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200