PENGARUH MEDIA SEMPOA DONAT TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK 5-6 TAHUN KELOMPOK B DI PAUD SE-KECAMATAN SEBERANG MUSI KEPAHIANG

Sari, Minanda and Mona, Ardina and Indrawati, Indrawati (2023) PENGARUH MEDIA SEMPOA DONAT TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK 5-6 TAHUN KELOMPOK B DI PAUD SE-KECAMATAN SEBERANG MUSI KEPAHIANG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of MINANDA SARI SKRIPSI - Minanda Sari.pdf] Text
MINANDA SARI SKRIPSI - Minanda Sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media
sempoa donat terhadap peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak 5-6
tahun kelompok B di PAUD Se-Kecamatan Seberang Musi Kepahiang. Sampel
penelitian adalah sebanyak 24 anak usia 5-6 tahun diambil menggunakan non
probability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan
data menggunakan lembar observasi. Data dianalisis secara univariat dan bivariat
dengan uji statistik paired sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai
signifikan 0.000<0.005 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak sehingga
terdapat pengaruh media sempoa donat terhadap peningkatan kemampuan
berhitung permulaan anak 5-6 tahun kelompok B di PAUD Se-Kecamatan
Seberang Musi Kepahiang. Saran yang dapat diberikan sebaiknya guru
menerapkan metode dan media pembelajaran yang lebih kreatif serta inovatif
seperti semoa donat sehingga dapat menarik minat anak untuk belajar sambil
bermain.
Kata Kunci : Berhitung Permulaan, Kelompok B, Media Sempoa Donat.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 09 Aug 2024 08:49
Last Modified: 09 Aug 2024 08:49
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19793

Actions (login required)

View Item
View Item