Damayanti, Lucya and Dwi, Anggraini and Sri, Dadi (2023) PERAN GURU DALAM PEMBINAAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS V SD NEGERI 40 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![LUCYA DAMAYANTI A1G018079 PGSD UNIB_compressed (1) (1) - Lucya Damayanti.pdf [thumbnail of LUCYA DAMAYANTI A1G018079 PGSD UNIB_compressed (1) (1) - Lucya Damayanti.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LUCYA DAMAYANTI A1G018079 PGSD UNIB_compressed (1) (1) - Lucya Damayanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam pembinaan sikap
tanggung jawab siswa dalam pembelajaran kelas V SD Negeri 40 Kota Bengkulu.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 40 Kota Bengkulu.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Uji kredibilitas data melalui triangulasi teknik, triangulasi waktu dan triangulasi
sumber. Berdasarkan hasil penelitian, Guru kelas V telah menjalankan perannya
membina sikap tanggung jawab siswa. Adapun sikap tanggung jawab tersebut
diantaranya: (1) mengerjakan tugas dan pekerjaan rumah dengan baik, (2)
bertanggung jawab terhadap setiap perbuatan, (3) melakukan piket sesuai dengan
jadwal yang telah ditetapkan, (4) mengerjakan tugas kelompok secara bersama-
sama. Pembinaan sikap tanggung jawab ini dapat dilihat selama proses
pembelajaran seperti pada saat pemberian tugas dan pekerjaan rumah, guru
memberi tenggat waktu dan arahan yang dianjurkan pada siswa serta penilaian yang
adil dan sesuai dengan ketepatan jawaban. Guru juga bertanggung jawab pada
kebersihan diri, kesiapan pembelajaran, gaya bicara serta mampu dalam bersikap
atau menghadapi permasalahan. Guru membantu, mengarahkan serta
mengingatkan siswa dalam kegiatan pelaksanaan piket kelas. Dan pada saat
pembelajaran berkelompok, guru membantu siswa dalam menentukan kelompok
serta pembagian tugas dan mengarahkan siswa untuk saling membantu teman yang
kesulitan dalam pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa guru
melaksanakan perannya dalam pembinaan sikap tanggung jawab siswa dalam
pembelajaran di kelas V SD Negeri 40 Kota Bengkulu.
Kata kunci : Peran Guru, Tanggung Jawab, Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 04:58 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 04:58 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19837 |