Kurniawati, Fanny Verina and Sofino, Sofino and Lenni, Mantili Hutauruk (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN PADA PELAJARAN KETERAMPILAN BAGI WARGA BINAAN RUMAH TAHANAN KELAS IIB PADA PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI SPNF-SKB KABUPATEN BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![FANNY VERINA KURNIAWATI (A1J019045) PNF - fanny verina.pdf [thumbnail of FANNY VERINA KURNIAWATI (A1J019045) PNF - fanny verina.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FANNY VERINA KURNIAWATI (A1J019045) PNF - fanny verina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran pada pelajaran
keterampilan bagi warga binaan rumah tahanan kelas IIB pada program pendidikan
kesetaraan paket c di SPNF-SKB Kabupaten Bengkulu Selatan. Metode yang
digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data
dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil dari
penelitian ini adalah dalam strategi pembelajaran pada pelajaran keterampilan bagi
warga binaan mengikuti komponen-komponen pembelajaran yakni kegiatan
pembelajaran pendahuluan, penyampaian informasi, partisipasi peserta didik,
penilaian, dan kegiatan lanjutan. Dari hasil penelitian diketahui dalam kegiatan
pembelajaran pendahuluan tujuan pembelajaran dibentuk pendidik bersama warga
belajar dan dijelaskan oleh pendidik sesuai dengan kebutuhan dan kondisi peserta
didik, dan melakukan apersepsi kepada peserta didik. Penyampaian informasi
dilakukan berdasarkan urutan materi pembelajaran agar kegiatan pembelajaran
terarah, ruang lingkup materi dijelaskan berdasarkan materi yang sudah dibentuk
dibentuk dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan jenis materi
keterampilan yang akan disampaikan berdasarkan tujuan belajar. Partisipasi peserta
didik di rumah tahanan merupakan orang dewasa usia produktif, pada kegiatan
pembelajaran partisipasi peserta didik dalam mengikuti program pendidikan
kesetaraan paket c pada pelajaran keterampilan ini peserta didik diikutsertakan
melakukan latihan dan praktik supaya peserta mengetahui perkembangan
pengetahuan dan keterampilan setelah mendapatkan materi pembelajaran, dan umpan
balik dilakukan dengan memberikan pertanyaan. Penilaian hasil belajar dilakukan
dengan pengamatan dan melakukan tes kemampuan dan praktik pada peserta didik
dalam. Pada kegiatan lanjutan pembelajaran tidak dilakukan karena kondisi dan
pergerakan peserta didik yang ada di rumah tahanan terbatas. Dapat disimpulkan dari
penelitian ini strategi pembelajaran pada pelajaran keterampilan bagi warga binaan
menggunakan komponen-komponen pembelajaran, baik dalam kegiatan pembelajaran
pendahuluan hingga kegiatan lanjutan pembelajaran.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Kesetaraan
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Non-formal Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 02:38 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 02:38 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19873 |