Putri, Afriliya Anisa and Teddy, Alfra Siagian and Della, Maulidiya (2023) PENGARUH KONTEKS BENGKULU PADA DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![A1C019043_AFRILIYA ANNISA PUTRI_PENDIDIKAN MATEMATIKA-compressed - 043 Afriliya Annisa Putri.pdf [thumbnail of A1C019043_AFRILIYA ANNISA PUTRI_PENDIDIKAN MATEMATIKA-compressed - 043 Afriliya Annisa Putri.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
A1C019043_AFRILIYA ANNISA PUTRI_PENDIDIKAN MATEMATIKA-compressed - 043 Afriliya Annisa Putri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan yang harus dimiliki
peserta didik. Model discovery learning cocok digunakan untuk meningkatkan
pemahaman konsep matematis melalui keterlibatan secara aktif dalam penemuan
suatu konsep ketika proses pembelajaran. Pada tahap stimulation, disajikan
permasalahan dengan menggunakan konteks untuk membantu peserta didik dalam
memahami permasalahan yang disajikan. Penggunaan konteks budaya yang akrab
dengan peserta didik dapat membantu peserta didik dalam memahami sesuatu,
sehingga cocok diterapkan pada discovery learning. Penelitian ini bertujuan
untuk untuk mengetahui pengaruh penerapan konteks Bengkulu pada discovery
learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik
dengan pokok bahasan bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 4 Kota
Bengkulu. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen (Quasi Eksperiment).
Sampel pada penelitian ini akan dipilih menggunakan teknik purposive sampling.
Sampel pada penelitian ini terdiri dari satu kelas sampel yaitu kelas VIII 7 yang
berjumlah 21 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes
kemampuan pemahaman konsep matematis. Hasil dari pengujian hipotesis
kemampuan pemahaman konsep matematis menggunakan uji-t berpasangan
diperoleh nilai
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 02:50 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 02:50 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19933 |