PENGEMBANGAN LKPD BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP

ANGGRAINI, EKA DWI and Nurul, Astuty Yensy and Tria, Utari (2023) PENGEMBANGAN LKPD BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of EKA DWI ANGGRAINI_A1C019061_SKRIPSII - 061 Eka Dwi Anggraini.pdf] Text
EKA DWI ANGGRAINI_A1C019061_SKRIPSII - 061 Eka Dwi Anggraini.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKPD Bangun Ruang Sisi Datar
Berbasis Discovery Learning untuk Mengoptimalkan Kemampuan Pemahaman
Konsep Matematis Siswa SMP yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menerapkan 4 tahapan model
pengembangam 4D, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design),
pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Instrumen penelitian ini
terdiri dari lembar validitas, lembar kepraktisan dan soal tes Kemampuan Pemahaman
Konsep Matematis. Validasi LKPD dilakukan oleh tiga orang validator. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD berbasis Discovery Learning
termasuk dalam kategori: (1) sangat valid berdasarkan 36 aspek penilaian dengan
memperoleh kecenderungan sangat setuju dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi
menunjukkan : (a) pada validasi materi lembar kerja peserta didik telah sesuai dengan
materi bangun ruang sisi datar, sintaks Discovery Learning, (b) tulisan, gambar, dan
desain pada lembar kerja peserta didik menarik sehingga mudah digunakan pada
validasi konstruksi, (c) kalimat yang digunakan sederhana, mudah dipahami dan jelas
serta penggunaan tanda baca yang tepat pada validasi bahasa, (2) sangat praktis dari
12 aspek penilaian dengan kecenderungan sangat setuju yang didapat dari petunjuk
pengguna, langkah-langkah, dan permasalahan pada lembar kerja peserta didik
mudah dipahami dan mudah digunakan, (3) Efektif berdasarkan hasil perhitungan N
Gain kemampuan pemahaman konsep matematis dengan skor rata-rata 0,75 berada
pada kategori tinggi dan ketuntasan belajar klasikal peserta didik sebesar 83,33%
tuntas KKM.
Kata Kunci: 4 – D, Discovery Learning, Lembar Kerja Peserta Didik, Kemampuan
Pemahaman Konsep Matematis

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 Aug 2024 03:33
Last Modified: 14 Aug 2024 03:33
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19948

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200