Tazia, Leadyania Hasbilah and Nurul, Astuty Yensy and Teddy, Alfra Siagian (2023) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI CETAK + PLAGIARISME_compressed (1) - 006 Leadyania hasbilah tazia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan siswa dalam melibatkan
proses suatu tugas yang metode pemecahanya belum diketahui lebih dahulu, untuk
mengetahui penyelesaiannya siswa perlu memetakan pengetahuan mereka. Bangun
ruang sisi datar merupakan salah satu materi yang metode pemecahannya memerlukan
strategi dan pemikiran yang kreatif berisi ide-ide matematika atau konsep matematika.
Pendekatan Realistic mathematics education sangat cocok diterapkan karena berkaitan
erat dengan kemampuan pemecahan masalah serta mampu menghubungkan ide-ide
matematika dengan kehidupan sehari-hari sehingga proses pembelajaran akan lebih
bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendekatan Realistic
Mathematics Education terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi
bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah
eksperimen semu (quasi experiment research) dengan menggunakan rancangan one
group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik
kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2022/2023. Sampel
penelitian ini ialah kelas VIII E yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling,
sampel tersebut terdiri dari 30 peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan tes uraian kemampuan pemecahan masalah. Data
dianalisis dengan menggunakan uji paired t-test dan skor N-Gain. Hasil dari pengujian
hipotesis, diperoleh nilai
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 14 Aug 2024 03:33 |
| Last Modified: | 14 Aug 2024 03:33 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19949 |

