PENERAPAN TEKNIK SUPERVISI AKADEMIK IN HOUSE TRAINING (IHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK (PTK di SMAIT Ma’had Rabbani Bengkulu Tengah)

Putra, Wahyudi and Rambat, Nur Sasongko and Connie, Connie (2023) PENERAPAN TEKNIK SUPERVISI AKADEMIK IN HOUSE TRAINING (IHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK (PTK di SMAIT Ma’had Rabbani Bengkulu Tengah). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of WAHYUDI PUTRA BEBAS PRPUSTAKAAN UNIB - wahyudi putra.pdf] Text
WAHYUDI PUTRA BEBAS PRPUSTAKAAN UNIB - wahyudi putra.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan teknik supervisi akademik In-
House Training (IHT) untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan
media pembelajaran berbasis TIK di SMA IT Ma'had Rabbani Bengkulu Tengah.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan desain penelitian tindakan
kepengawasan yang terdiri dari tiga siklus. Data dikumpulkan melalui teknik
observasi, instrumen penilaian, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan
adanya kemajuan yang signifikan dimana pada tahap pra-siklus hanya 20% guru
yang menggunakan media pembelajaran berbasis TIK namun setelah penerapan
tindakan ini seluruh guru 100% berhasil menggunakan media pembelajaran
berbasis TIK. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan teknik supervisi
akademik IHT dengan pendampingan individu yang mendalam terbukti dapat
meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran
berbasis TIK.
Kata Kunci: Kemampuan Guru, Media Pembelajaran, Supervisi Akademik IHT

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 Aug 2024 04:11
Last Modified: 14 Aug 2024 04:15
URI: https://[https:%2F%2Frepository.unib.ac.id%2Fcgi]/id/eprint/19965

Actions (login required)

View Item
View Item