PENGEMBANGAN WORKSHEET PREDICT-OBSERVE- EXPLAIN PADA TOPIK KONSERVASI ENERGI BERBASIS PANEL SURYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Vandhita, Avinda Tria and Euis, Nursaadah and Afrizal, Mayub (2023) PENGEMBANGAN WORKSHEET PREDICT-OBSERVE- EXPLAIN PADA TOPIK KONSERVASI ENERGI BERBASIS PANEL SURYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS AVINDA - Avinda Tria Vandhita.pdf] Text
TESIS AVINDA - Avinda Tria Vandhita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan worksheet POE (Predict-Observe-Explain)
dengan topik konservasi energi berbasis panel surya untuk meningkatkan
keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian adalah R&D (Penelitian dan
Pengembangan) dengan menggunakan model pengembangan 3D yang terdiri dari
pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Tahap pendefinisian dilakukan
analisis konsep sains dalam panel surya dengan menganalisis factor klimatologi yang
mempengaruhi arus, tegangan, dan daya pada panel surya. Tahap perancangan yaitu
untuk merancang format worksheet dan instrument penilaian keterampilan berpikir
kritis yang berdasarkan strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE). Pada
tahap pengembangan dilakukan implementasi worksheet konservasi energi yang telah
divalidasi di MTSN2 Kepahiang kepada 15 orang siswa kelas IX. Pengumpulan data
dilakukan dengan pemberian angkat validasi worksheet dan angket validasi soal
pretest-postest kepada dosen ahli dan guru fisika. Kelayakan dari produk worksheet
dan soal pretest post-test dilakukan dengan menggunakan analisis formula Aiken.
Pemberian soal pretest-posttest untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Topik konservasi energi didasari oleh
karakteristik rangkaian seri, rangkaian parallel, dan rangkaian gabungan seri-paralel
panel surya. (2) Telah dihasilkan worksheet topik konservasi energi berbasis POE
dengan indeks aiken V sebesar 0.85 kategori sangat valid dan layak digunakan untuk
meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. (3) Peningkatan keterampilan
berpikir kritis dengan menggunakan worksheet POE pada topik konservasi energi
ditunjukkan dengan nilai N-gain sebesar 0.5 dengan kategori peningkatan sedang
Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai signifikansi 0.00 < 0.05 dan nilai t hitung -
22.771 < - 2.145 t tabel bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai hasil belajar sebelum
dan sesudah penggunaan worksheet konservasi energi. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa terdapat peningkatan yang signifikan antara keterampilan berpikir kritis siswa
sebelum dan setelah menggunakan worksheet keterampilan berpikir kritis.
Kata Kunci: keterampilan berpikir kritis, konservasi energi, panel surya,
POE, worksheet

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 Aug 2024 05:00
Last Modified: 14 Aug 2024 05:00
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19980

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200