PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DIMEDIASI OLEH KEPERCAYAAN MEREK PADA PEMBELI SMARTPHONE MEREK XIAOMI DI KOTA BENGKULU

Arpiansyah, Rizky and Seprianti, Eka Putri and Sularsih, Anggarawati (2021) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DIMEDIASI OLEH KEPERCAYAAN MEREK PADA PEMBELI SMARTPHONE MEREK XIAOMI DI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Skripsi Rizky Arpiansyah (C1B015071).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Di era modern saat ini, hampir semua lapisan masyarakat menggunakan
smartphone dalam membantu aktifitas mereka dengan berbagai merek yang dan
spesifikasi yang berbeda-beda. Sekarang sudah banyak bermunculan berbagai
merek smartphone yang menawarkan spesifikasi terbaik yang mampu mereka
tawarkan dengan memberikan harga yang terjangkau. Hal ini merupakan salah
satu faktor penyebab adanya persaingan antar merek smartphone untuk menarik
minat penggunaan terhadap produk mereka. Pengguna smartphone berasal dari
berbagai rentang usia mulai dari anak-anak, ramaja, hingga orang dewasa.
Beberapa merek smartphone yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat
antara lain, yaitu Oppo, Xiaomi, Samsung, Vivo, dan Iphone.Tujuan penelitian ini
adalah mengetahui pengaruh kualitas produk, citra merek, terhadap keputusan
pembelian dimediasi oleh kepercayaan merek pada pengguna smartphone Xiaomi
di Kota Bengkulu.
Keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh beberapa faktor di
antaranya adalah kualitas produk dan citra merek. Selain kedua faktor tersebut,
faktor lain yang turut memberikan pengaruh pada keputusan pembelian konsumen
adalah kepercayaan merek. Jika kepercayaan merek semakin meningkat, maka
pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian semakin
besar.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei yaitu penelitian yang
mengambil data secara langsung di lapangan. Data penelitian yang digunakan
adalah konsumen pengguna/pembeli smartphone XIAOMI di Kota Bengkulu.
Metode analisis yang dipergunakan adalah analisis deskriptif dan analisis SEM￾PLS.
x
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Variabel kualitas produk
berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian konsumen pada
produk handphone Xiaomi, dibuktikan dengan nilai t-hitung sebesar 2,755799 >
t-tabel 1,960; (2) Variabel citra merek berpengaruh signifikan terhadap variabel
keputusan pembelian konsumen pada produk handphone Xiaomi, dibuktikan
dengan nilai t-hitung sebesar 5,823927 > t-tabel 1,960; (3) Variabel kualitas
produk berpengaruh signifikan terhadap variabel kepercayaan merek konsumen
pada produk handphone Xiaomi, dibuktikan dengan nilai t-hitung sebesar
3,979925 > t-tabel 1,960; (4) Variabel citra merek berpengaruh signifikan
terhadap variabel kepercayaan merek konsumen pada produk handphone Xiaomi,
dibuktikan dengan nilai t-hitung sebesar 5,057494 > t-tabel 1,960; (5) Variabel
kepercayaan merek berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan
pembelian konsumen pada produk handphone Xiaomi, dibuktikan dengan nilai t�hitung sebesar 8,026690 > t-tabel 1,960; (6) Kepercayaan merek memediasi
secara penuh (partially mediating) pada pengaruh kualitas produk terhadap
keputusan pembelian konsumen pada produk handphone Xiaomi; dan (7)
Kepercayaan merek memediasi secara penuh (partially mediating) pada pengaruh
citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk handphone
Xiaomi.
Beberapa saran yang dapat dipertimbangkan adalah sebagai berikut : (1)
Meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap smartphone Xiaomi, yakni
dengan melakukan event-event tertentu seperti penggalangan dana sosial, ajang
modifikasi smartphone Xiaomi dan sebagainya; (2) Melakukan inovasi produk
dengan desain, warna dan bentuk yang menarik, sehingga konsumen tertarik
untuk membeli produk; dan (3) Meningkatkan promosi produk melalui media
iklan, pemberian potongan harga, hadiah atau souvenir sehingga konsumen
berminat untuk membeli produk smartphone Xiaomi.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 14 Aug 2024 10:24
Last Modified: 14 Aug 2024 10:24
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20007

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200