Ismawati Diosiputri, Ria and Sularsih, Anggarawati and Muhartini, Salim (2021) PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS, ENJOYMENT DAN COMPATIBILITY TERHADAP CONTINUANCE INTENTION PADA E-COMMERCE SHOPEE SAAT MASA PANDEMI COVID-19. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
BISMILLAH SKRIPSI RIA ISMAWATI - FIX CETAK .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Sejak awal tahun 2020, Covid-19 menjadi masalah kesehatan dunia. Akibat yang
timbul dengan adanya virus Corona (Covid-19) sendiri memiliki efek luas pada
bagian e-commerce, Sejak adanya kebijakan pemerintah melakukan pembatasan
sosial skala besar (PSBB) di tengah pandemi Covid-19 telah mengubah pola
konsumsi masyarakat. Yaitu karena adanya batasan sosial, konsumen telah
mengalihkan pembelian secara online dari berbagai kebutuhan seperti perbekalan
kesehatan, pakaian, dan bahan makanan yang dibeli secara online di e-commerce.
Oleh karena itu kunjungan platform Shopee menjadi e-commerce dengan
pengunjung situs bulanan terbesar di Indonesia sejak terjadi pandemi.
Berdasarkan hasil pra-survey juga e-commerce shopee mendapat continuance
intention dari para pengguna sejak adanya pandemi dikota Bengkulu. Berdasarkan
pra-survey dan fenomena tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh perceived usefulness, enjoyment dan compatibility terhadap continuance
intention pada e-commerce shopee selama masa pandemi covid-19 di kota
Bengkulu.
Menurut Davis, (1989) continuance intention didefinisikan sebagai minat atau
keinginan dari seorang individu untuk terus menggunakan sebuah sistem. Davis,
(1989) juga menyebutkan bahwa perceived usefulness adalah suatu tingkatan
dimana seseorang percaya bahwa penggunaan suatu sistem tertentu akan dapat
meningkatkan prestasi kerja orang tersebut. Wu & Liu, (2007) menuturkan bahwa
enjoyment adalah dimana dalam menggunakan situs web secara signifikan
mempengaruhi niat untuk menggunakannya lebih lanjut. Soares & Pinho, (2014)
juga mengatakan enjoyment yang dirasakan diartikan sebagai kenikmatan dari
aktivitas menggunakan website e-commerce. Al-Jabri & Sohail, (2012)
menyebutkan bahwa compatibility adalah fitur penting dari inovasi sebagai
kesesuaian dengan gaya hidup pengguna dapat mendorong tingkat yang cepat
dalam adopsi.
xi
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dimana terdapat pengujian
hipotesis. Dalam penelitian ini terdapat 3 hipotesis yang di uji, pertama menguji
pengaruh perceived usefulness terhadap continuance intention, kedua menguji
pengaruh enjoyment terhadap continuance intention dan ketiga menguji pengaruh
compatibility terhadap continuance intention. Metode pengumpulan data dengan
cara melakukan penyebaran kuesioner online. Pengambilan sampel yang
digunakan pada penelitian adalah purposive sampling dengan kriteria tertentu
seperti umur diatas 16 tahun – 55 tahun, pengguna e-commerce shopee dan berada
di kota Bengkulu. Kuesioner mendapatkan 205 responden yang menggunakan e�commerce Shopee di Bengkulu saat masa pandemi Covid-19. Kemudian data yang
diperoleh tersebut dianalisis dengan metode analisis regresi linear berganda
dengan bantuan program SPSS 21.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perceived Usefulness (Persepsi
Kegunaan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Continuance Intention
pada e-commerce Shopee saat masa pandemi Covid-19, yang berarti semakin
tinggi tingkat Perceived Usefulness maka semakin tinggi pula Continuance
Intention individu yang berniat untuk melanjutkan menggunakan kembali e�commerce Shopee saat masa pandemi Covid-19. 2) Enjoyment (Kenyamanan)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Continuance Intention pada e�commerce Shopee saat masa pandemi Covid-19, yang berarti semakin tinggi
tingkat Enjoyment maka semakin tinggi pula Continuance Intention individu yang
berniat untuk melanjutkan menggunakan kembali e-commerce Shopee saat masa
pandemi Covid-19. 3) Variabel Compatibility (Kesesuaian) berpengaruh positif
dan signifikan terhadap Continuance Intetion pada e-commerce Shopee saat masa
pandemi Covid-19, yang berarti semakin tinggi tingkat Compatibility maka
semakin tinggi pula Continuance Intention individu yang berniat untuk
melanjutkan menggunakan kembali e-commerce Shopee saat masa pandemi
Covid-19.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan perceived usefulness, enjoyment and
compatibility berpengaruh positif terhadap continuance intention. Saran praktis
dalam penelitian ini agar perusahaan dapat terus meningkatkan perceived
usefulness yaitu para pengguna dapat menyelesaikan transaksi lebih cepat
sehingga dapat mempersingkat waktunya baik saat pandemi maupun saat pandemi
Covid-19 sudah berakhir. Shopee juga dapat membuat aplikasi mobile menjadi
lebih menyenangkan dengan memberikan kuis atau permainan yang dapat
memberikan hadiah kepada orang lain untuk menikmatinya dan Shopee dapat
membandingkan situs platform lain, menggabungkan kelebihannya sehingga
mereka dapat memperoleh niat berkelanjutan dari pelanggan.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 01:11 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 01:11 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20014 |