Lestari, Intan Dwi and Herman, Lusa and Perbrian, Tarmizi (2023) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL (PROBLEM BASED LEARNING) PBL BERBANTUAN MEDIA POWER POINT (PPT) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN 11 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![INTAN LESTARI (SKRIPSI FIKS) daftar isi-digabungkan - intan dwi lestari (1).pdf [thumbnail of INTAN LESTARI (SKRIPSI FIKS) daftar isi-digabungkan - intan dwi lestari (1).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
INTAN LESTARI (SKRIPSI FIKS) daftar isi-digabungkan - intan dwi lestari (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa
dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning
(PBL) di kelas V SDN 11 Kota Bengkulu, pada materi tata cara bermusyawarah dan pantun.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan berbantuan media Power
Point (PPT). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu
: tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas V SDN 11 Kota Bengkulu. Variabel penelitian ini adalah model problem based
learning (PBL), aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu pengamatan dan tes. Hasil data aktivitas guru siklus
I diperoleh rata-rata 37 dengan kategori cukup, dan pada siklus II memperoleh rata-rata 42,5
dengan kategori baik. Hasil analisis data aktivitas siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata
sebesar 36,5 dengan kategori cukup, sedangkan pada siklus II aktivitas siswa memperoleh nilai
rata-rata sebesar 41,5 dengan kategori cukup. Selanjutnya data hasil belajar siswa pada siklus I
dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia memperoleh nilai rata-rata 77,5 dengan persentase
76,92%, pada mata pelajaran PPKn memperoleh nilai rata-rata 79,23 dengan persentase 61,53%.
Hasil belajar siswa pada siklus II pada mata pelajaran Bahasa Indonesia memperoleh nilai rata-
rata 85,38 dengan persentase 80,76%, pada mata pelajaran PPKn memperoleh nilai rata-rata
87,69 dengan persentase 73,07%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas
siswa serta hasil belajar siswa kelas V SDN 11 Kota Bengkulu.
Kata kunci : Model Problem Based Learning, aktivitas belajar, hasil belajar, media power
point
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 03:45 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 03:45 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20141 |