STUDI DESKRIPTIF METODE PENANAMAN NILAI AKHLAK SISWA MELALUI KEGIATAN SHALAT DHUHA BERJAMAAH KELAS V DI SD NEGERI 71 KOTA BENGKULU

Sari, Dila Aulia and Puspa, Djuwita and Herman, Lusa (2023) STUDI DESKRIPTIF METODE PENANAMAN NILAI AKHLAK SISWA MELALUI KEGIATAN SHALAT DHUHA BERJAMAAH KELAS V DI SD NEGERI 71 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Perpus UNIB - Dila Aulia.pdf] Text
Perpus UNIB - Dila Aulia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman nilai akhlak siswa
melalui kegiatan shalat dhuha berjamaah kelas V di SD Negeri 71 Kota Bengkulu.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat naturalistik atau
dilakukan pada kondisi alamiah. Lokasi penelitian ini adalah di SD Negeri 71
Kota Bengkulu dengan informannya adalah kepala sekolah, wali kelas, guru
agama, dan siswa kelas V. Instrumen penelitian yang digunakan berupa observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis
data model interaktif yang meliputi data collection, data drawing, data
condensation, dan data drawing. Untuk menguji keabsahan data, peneliti
menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan,
triangulasi, dan member check. Hasil yang diperoleh adalah pihak sekolah sudah
mengimplementasikan metode pembiasaan, metode kedisiplinan, dan metode
keteladanan dalam penanaman nilai akhlak siswa kelas V melalui kegiatan shalat
dhuha berjamaah. Metode-metode tersebut dilakukan dengan cara: 1) pelaksanaan
shalat dhuha berjamaah secara teratur dan tepat waktu; 2) pemberian hukuman
dan penghargaan kepada siswa; 3) perilaku sopan dan santun kepada sesama; 4)
menjaga kebersihan diri dan tempat ibadah; serta 5) memberikan contoh dan
teladan yang baik kepada siswa. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
metode pembiasaan adalah yang paling sering dilakukan guru dan metode
keteladanan adalah yang paling sedikit dilakukan dalam penanaman nilai akhlak
siswa kelas V di SDN 71 Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Metode Penanaman Akhlak, Pembiasaan, Kedisiplinan,
Keteladanan

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:45
Last Modified: 19 Aug 2024 03:45
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20143

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200