PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III SDN 03 KOTA BENGKULU

Utami, Intan Putri and Herman, Lusa and Irfan, Supriatna (2023) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III SDN 03 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI-INTAN PUTRI UTAMI-A1G018095-PGSD - Intan Putri Utami.pdf] Text
SKRIPSI-INTAN PUTRI UTAMI-A1G018095-PGSD - Intan Putri Utami.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa di kelas III SD Negeri 03 Kota Bengkulu dengan
menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe
Example Non Example berbantuan media PowerPoint. Penelitian
ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian
ini adalah guru dan siswa kelas III A yang berjumlah 27 siswa.
Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan
lembar tes. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
observasi dan teknik tes. Teknik analisis data lembar observasi
menggunakan rumus nilai rata-rata skor, skor tertinggi, skor
terendah, selisih skor dan rentang nilai untuk setiap kriteria. Data
tes dianalisis menggunakan rumus rata-rata dan persentase
ketuntasan belajar klasikal. Hasil tes observasi aktivitas guru rata-
rata skor pada siklus I sebesar 49 dengan kategori baik meningkat
pada siklus II menjadi 66 dengan kategori sangat baik. Hasil
Observasi aktivitas siswa rata-rata skor siklus I sebesar 48 dengan
kategori baik, meningkat pada siklus II menjadi 67 dengan kategori
sangat baik. Hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan mata
pelajaran Bahasa Indonesia siklus I rata-rata 67,78 dengan
ketuntasan belajar klasikal sebesar 62,96%, meningkat pada siklus
II menjadi 82,22 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar
81,48%. Hasil belajar pada mata pelajaran PPKn pada siklus I
memperoleh rata-rata 77,22 dengan ketuntasan belajar klasikal
sebesar 77,78%, meningkat pada siklus II memperoleh rata-rata
78,15 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 88,89%.
Kesimpulan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning
tipe Example Non Example berbantuan media PowerPoint dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran
Tematik di kelas III A SD Negeri 03 Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Cooperative Learning, Example Non
Example, Aktivitas, Hasil Belajar, Pembelajaran
Tematik.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 19 Aug 2024 08:04
Last Modified: 19 Aug 2024 08:04
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20196

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200