Utami, Pantes and Resnani, Resnani and Nani, Yuliantini (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 03 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI-PANTES UTAMI-A1G018038-PGSD FKIP - Pantes Utami.pdf [thumbnail of SKRIPSI-PANTES UTAMI-A1G018038-PGSD FKIP - Pantes Utami.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PANTES UTAMI-A1G018038-PGSD FKIP - Pantes Utami.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah
model pembelajaran kooperatif tipe scramble, serta menganalisis
peningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran
Tematik Terpadu di kelas III SD Negeri 03 Kota Bengkulu dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan
dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek dalam
penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas IIIB yang berjumlah 27
siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi,
angket serta lembar tes. Data hasil observasi siklus I dan siklus II
dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan proses dari
penerapan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe
scramble. Data hasil angket motivasi belajar dianalisis dengan
menggunakan rumus persentase memperoleh hasil pada siklus I
sebesar 70,08% dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II
menjadi 82,32% dengan kategori sangat baik. Data hasil belajar
dianalisis menggunakan rumus rata-rata skor dan rumus ketuntasan
belajar klasikal. Hasil belajar PPKn pada siklus I memperoleh rata-
rata kelas sebesar 78,88 dengan ketuntasan belajar klasikal 81,48%
dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata kelas menjadi 78,29
dan ketuntasan belajar klasikal menjadi 92,59%. Hasil belajar
Bahasa Indonesia pada siklus I memperoleh rata-rata kelas sebesar
64,44 dengan ketuntasan belajar klasikal 66,67% dan meningkat
pada siklus II dengan rata-rata kelas menjadi 82,51 dan ketuntasan
belajar klasikal menjadi 85,18%. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
scramble dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada
pembelajaran Tematik Terpadu di kelas IIIB SD Negeri 03 Kota
Bengkulu.
Kata kunci: Kooperatif Tipe Scramble, Tematik Terpadu,
Motivasi, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 08:04 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 08:04 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20198 |