PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS VA SDN 50 KOTA BENGKULU

Deanand, Reza and Herman, Lusa and Nady, Febri Ariffiando (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS VA SDN 50 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI-REZA DEANANDA-A1G018002_compressed - reza deananda.pdf] Text
SKRIPSI-REZA DEANANDA-A1G018002_compressed - reza deananda.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas
V A SD Negeri 50 Kota Bengkulu dengan menerapkan model pembelajaran
Quantum Teaching. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek
penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V A SDN 50 Kota Bengkulu. Teknik
pengumpulan data berupa lembar observasi dan tes. Instrumen penilaian berupa
lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data observasi menggunakan
rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai
untuk setiap kriteria. Data tes dianalisis menggunakan rumus rata-rata nilai dan
persentase belajar klasikal. Hasil dari penelitian Pelaksanaan Penerapan model
pembelajaran Quantum Teaching pada siklus I diperoleh 46,5 termasuk dalam
kategori baik dan siklus II meningkat 57,5 dengan kategori sangat baik. Untuk
hasil motivasi belajar siklus I yaitu 9,2 dengan kategori cukup, meningkat pada
siklus II yaitu 12,52 dengan kategori baik. Hasil belajar aspek pengetahuan siklus
I pada mata pelajaran Bahasa Indonesia nilai rata-rata kelas sebesar 70,67 dengan
ketuntasan belajar klasikal 63,33%, pada siklus II nilai rata-rata kelas sebesar
76,83 dengan ketuntasan belajar klasikal 83,33%. Hasil belajar aspek pengetahuan
mata pelajaran IPA pada siklus I diperoleh rata-rata kelas sebesar 69,5 dengan
ketuntasan belajar klasikal 53,33%, pada siklus II nilai rata-rata kelas sebesar
74,83 dengan ketuntasan belajar klasikal 80%. Aspek sikap teliti rata-rata skor
siklus I 2,43, siklus II 2,7, sikap percaya diri siklus I 2,52, siklus II 2,79, sikap
disiplin siklus I 2,38, siklus II 2,98, dan sikap rasa ingin tahu siklus I 2,65, siklus
II 3,08. Aspek keterampilan meringkas siklus I 2,37, siklus II 2,95, keterampilan
menyajikan ringkasan siklus I 2,45, siklus II 2,93, keterampilan melakukan
percobaan siklus I 2,5, siklus II 3,05, dan keterampilan membuat laporan
percobaan siklus I 2,48, siklus II 3,02. Dengan demikian, penerapan model
pembelajaran Quantum Teaching pada pembelajaran tematik dapat
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V A SDN 50 Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Model Quantum Teaching, Motivasi, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 19 Aug 2024 08:04
Last Modified: 19 Aug 2024 08:04
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20199

Actions (login required)

View Item
View Item