Deanand, Reza and Herman, Lusa and Nady, Febri Ariffiando (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS VA SDN 50 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI-REZA DEANANDA-A1G018002_compressed - reza deananda.pdf [thumbnail of SKRIPSI-REZA DEANANDA-A1G018002_compressed - reza deananda.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-REZA DEANANDA-A1G018002_compressed - reza deananda.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas
V A SD Negeri 50 Kota Bengkulu dengan menerapkan model pembelajaran
Quantum Teaching. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek
penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V A SDN 50 Kota Bengkulu. Teknik
pengumpulan data berupa lembar observasi dan tes. Instrumen penilaian berupa
lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data observasi menggunakan
rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai
untuk setiap kriteria. Data tes dianalisis menggunakan rumus rata-rata nilai dan
persentase belajar klasikal. Hasil dari penelitian Pelaksanaan Penerapan model
pembelajaran Quantum Teaching pada siklus I diperoleh 46,5 termasuk dalam
kategori baik dan siklus II meningkat 57,5 dengan kategori sangat baik. Untuk
hasil motivasi belajar siklus I yaitu 9,2 dengan kategori cukup, meningkat pada
siklus II yaitu 12,52 dengan kategori baik. Hasil belajar aspek pengetahuan siklus
I pada mata pelajaran Bahasa Indonesia nilai rata-rata kelas sebesar 70,67 dengan
ketuntasan belajar klasikal 63,33%, pada siklus II nilai rata-rata kelas sebesar
76,83 dengan ketuntasan belajar klasikal 83,33%. Hasil belajar aspek pengetahuan
mata pelajaran IPA pada siklus I diperoleh rata-rata kelas sebesar 69,5 dengan
ketuntasan belajar klasikal 53,33%, pada siklus II nilai rata-rata kelas sebesar
74,83 dengan ketuntasan belajar klasikal 80%. Aspek sikap teliti rata-rata skor
siklus I 2,43, siklus II 2,7, sikap percaya diri siklus I 2,52, siklus II 2,79, sikap
disiplin siklus I 2,38, siklus II 2,98, dan sikap rasa ingin tahu siklus I 2,65, siklus
II 3,08. Aspek keterampilan meringkas siklus I 2,37, siklus II 2,95, keterampilan
menyajikan ringkasan siklus I 2,45, siklus II 2,93, keterampilan melakukan
percobaan siklus I 2,5, siklus II 3,05, dan keterampilan membuat laporan
percobaan siklus I 2,48, siklus II 3,02. Dengan demikian, penerapan model
pembelajaran Quantum Teaching pada pembelajaran tematik dapat
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V A SDN 50 Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Model Quantum Teaching, Motivasi, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 08:04 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 08:04 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20199 |