Murdiani, Esti and Sudarwan, Danim and Connie, Connie (2023) PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISIWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 09 KEPAHIANG. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS LENGKAP_Esti Murdiani_Perpustakaan UNIB - ESTI MURDIANI.pdf [thumbnail of TESIS LENGKAP_Esti Murdiani_Perpustakaan UNIB - ESTI MURDIANI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS LENGKAP_Esti Murdiani_Perpustakaan UNIB - ESTI MURDIANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh reward dan punishment
terhadap disiplin belajar siswa Sekolah Dasar Negeri 09 Kepahiang. Metode
penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif, dengan sampel penelitian
siswa kelas IV-VI Sekolah Dasar Negeri 09 Kepahiang yang berjumlah 261
orang, dengan menggunakan purposive random sampling. Teknik pengumpulan
data menggunakan survei kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis
regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, reward berpengaruh
positif dan signifikan terhadap disiplin belajar siswa; kedua, punishmet
berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin belajar siswa; dan ketiga,
reward dan punishment secara simultan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap disiplin belajar siswa. Hal ini berarti bahwa jika pemberian reward dan
punishment dilakukan dengan baik dan tepat, akan mampu meningkatkan disiplin
belajar siswa.
Kata Kunci: Penghargaan, Hukuman, Disiplin Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Administration |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 09:13 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 09:13 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20221 |