Aprianti, Eka Yana and Johanes, Sapri and Bambang, Sahono (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI IPA Di SMA Negeri 1 Merapi Timur). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![EKA YANA APRIANTI (NPM. A2M021007) - Taqiah Cantik.pdf [thumbnail of EKA YANA APRIANTI (NPM. A2M021007) - Taqiah Cantik.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
EKA YANA APRIANTI (NPM. A2M021007) - Taqiah Cantik.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk dapat meningkatkan motivasi
dan prestasi belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas XI
IPA SMA Negeri 1 Merapi Timur. Penelitian dilaksanakan dengan
menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam
tiga siklus kemudian dilanjutkan dengan kuasi eksperimen. Subjek
penelitian ini melibatkan 28 orang siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1
Merapi Timur Tahun Pelajaran 2022/2023. Hipotesis penelitian ini adalah
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk
Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Peneliti menggunakan
lembar observasi untuk mengukur motivasi siswa dan tes untuk mengukur
prestasi siswa. Terjadi peningkatan motivasi belajar siswa pada setiap
siklus, skor rata-rata observasi siklus 1 (2,50), siklus 2 (3,11), dan siklus 3
(3,32). Statistik yang digunakan untuk menganalisis data prestasi siswa
dalam penelitian hipotesis ini adalah uji-t dengan taraf signifikansi (α =
0,05). Berdasarkan Analisa yang telah dilakukan maka didapat Siklus 1
(thitung = 10,785), siklus 2 (thitung =12,735), dan siklus 3 (thitung =15,325)
dengan ttabel = 2,052). Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam
penelitian ini dapat dibuktikan kebenarannya, bahwa ada pengaruh
penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap
penerapan model pembelajaran tipe Jigsaw dapat meningkatkan motivasi
dan prestasi belajar siswa serta efektif meningkatkan prestasi belajar
siswa kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 1 Merapi Timur Lahat pada materi
Proposal.
Kata Kunci: Model, Kooperatif, Jigsaw
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 04:59 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 04:59 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20281 |