Chandra Putra, Nugraha and Fachri, Eka Saputra and Seprianti, Eka Putri (2021) PENGARUH SELF EXPRESIVENESS DAN BRAND PERSONALITY SERTA BRAND LOVE TERHADAP POSITIVE WORD OF MOUTH Studi Kasus pada: KOMUNITAS MOBIL TIMOR ER DI SUMATERA BAGIAN SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI NUGRAHA CHANDRA PUTRA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Perilaku konsumen yang tidak menentu dalam memilih produk juga dapat memicu
persaingan diantara perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus mempelajari
dan memahami perilaku konsumen dalam membeli dan mengonsumsi suatu
produk. Perusahaan diharuskan untuk memahami perilaku konsumen dengan
tujuan agar perusahaan dapat mengelola strategi untuk tercapainya kesuksesan dan
mempertahankan pangsa pasarnya. Selain itu, produk yang dihasilkan perusahaan
haruslah produk yang berguna dan menarik bagi konsumen, serta memiliki nilai
yang bermutu dan inovatif sehingga terciptanya Positive word of mouth effect.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh self expressiveness, brand
personality, dan brand love terhadap word of mouth. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dimana terdapat
pengujian hipotesis.Teknik pengambilan sampel yang dipilih untuk penelitian ini
adalah teknik convenience sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah
360 responden. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner dan Untuk
pengujian model dan hipotesis akan menggunakan Structural Equation
Modelling–Partial Least Square (SEM-PLS).
Seluruh variabel dalam penelitian ini, yaituself expressiveness, brand personality,
brand love dan word of mouth sudah memenuhi syarat AVE > 0.70,berdasarkan
hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pengukuran penelitian ini
memiliki validitas diskriminan yang baik. Nilai koefisien diterminan atau R�square pada Gambar 4.11 menunjukkan nilai sebesar R2 = 0.64 untuk konstruk
brand love. Nilai tersebut menyimpulkan bahwa variasi perubahan dari brand love
dapat dijelsakan dan disebabkan oleh self expressiveness dan brand personality
sebesar 64% dan sekitar 36% lainnya dijelaskan oleh variabel diluar model
penelitian. Sama halnya dengan nilai koefisien determinasi dari konstruk word of
mouth yang menunjukkan nilai sebesar R2 = 0.64. Nilai tersebut menjelaskan
bahwa variasi perubahan yang terjadi pada variabel word of mouth dapat
dijelaskan oleh self expressiveness, brand personality serta brand love sebanyak 64%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa
self expresiveness berpengaruh positif terhadap brand love. Hasil temuan ini
berarti bahwa semakin tinggi self expresiveness pada komunitas mobil timor ER
maka semakin tinggi rasa cinta terhadap merek (brand love) yang dirasakan oleh
komunitas mobil Timor ER. (2) Brand personality berpengaruh terhadap brand
love. Hasil temuan ini berarti bahwa brand personality yang dirasakan oleh
member akan menimbulkan brand love pada komunitas mobil timor ER. (3)
Brand love berpengaruh terhadap word of mouth. Hasil temuan ini berarti bahwa
semakin tinggi tingkat brand loveyang dirasakan member maka semakin tinggi
pula word of mouth yang akan dirasakan oleh komunitas mobil timor ER. (4) Self
expressiveness berpengaruh tehadap word of mouth. Hasil temuan ini berarti
bahwa semakin tinggi self expresiveness maka semakin tinggi word of mouth yang
dirasakan oleh komunitas mobil Timor ER. (5) Brand personality berpengaruh
terhadap word of mouth. Hasil temuan ini berarti bahwa semakin brand
personality maka semakin tinggi word of mouth yang dilakukan oleh komunitas
mobil Timor ER.
Berdasarkan hasil penelitian mengenai self expresiveness, brand personality,
brand love, dan word of mouth maka hal-hal yang perlu diperhatikan adalah
sebagai berikut: (1). Komunitas Mobil Timor ER diharapkan Meningkatkan Self
Expressiveness agar bisa menjadikan komunitas sebagai wadah menyalurkan
ekspresi bahagia memiliki Mobil timor ER, (2) Komunitas mobil Timor ER
diharapkan dapat meningkatkan brand personality, komunitas Mobil Timor ER
harus merasa bangga memiliki mobil Timor ER dan bergabung dalam club,
meskipun banyak mobil atau komunitas yang brandnya terkenal, (3) Komunitas
Mobil Timor ER diharapkan meningkatkan Brand Love dengan cara Komunitas
menunjukkan keeksisan klub Mobil Timor ER, (4) Komunitas Mobil Timor ER
diharapkan meningkatkan Word Of Mouth untuk komunitas agar dapat lebih
memaksimalkan media sosial instagram, facebook sehingga memudahkan anggota
komunitas untuk mengetahui informasi terkini mengenai kegiatan-kegiatan
komunitas.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Development Economics |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 02:01 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 02:01 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20337 |