ANALISIS SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BUAH PEAR PACKHAM (Studi Kasus di Supermarket Hypermart dan Toko Nayla Buah di Kota Bengkulu)

Aren, Shinta Agustin and Nyayu, Neti Arianti and Redy, Badrudin (2023) ANALISIS SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BUAH PEAR PACKHAM (Studi Kasus di Supermarket Hypermart dan Toko Nayla Buah di Kota Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Skripsi ASA 16012023 - Aren Shinta Agustin.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

adanya kandungan gizi, sumber vitamin dan mineral untuk
tubuh. Mengkonsumsi buah dapat menjaga kesehatan tubuh terutama dalam buahnya
terdapat vitamin dan manfaat, buah pear packham sendiri mempunyai nilai gizi yang
cukup baik diantaranya adalah kalium, serat pangan, vitamin C, vitamin K dalam
mengkonsumsi buah pear bisa memenuhi 19,8 persen kebutuhan tubuh dan akan serat
pangan setiap hari. Komoditas buah impor yang digemari masyarakat salah satunya
adalah buah pear. Buah pear Packham Pyrus Bretschneideri berbentuk lonjong seperti
jambu, dengan warna hijau dan kuning mengandung air dan manis, serta memiliki
manfaat seperti potassium yang bermanfaat dalam membantu menurunkan kolesterol
jahat yang ada di dalam tubuh, ini juga berperan sekali untuk menyehatkan
jantung.Tetapi peningkatan kebutuhan buah ini tidak didukung oleh hasil produksi buah
dalam negeri yang dapat memenuhi kebutuhan buah masyarakat yang ada di Indonesia.
Supermarket Hypermart dan Toko Nayla Buah merupakan bergerak pada
perdagangan buah impor dan lokal di Bengkulu sehingga menjadi pusat perbelanjaan
buah yang diminati oleh masyarakat Bengkulu,. Lokasi Supermarket Hypermart dan
Toko Nayla Buah berada di tengah perkotaan dan mudah dijangkau.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Bagaimana sikap konsumen terhadap pembelian
buah pear Packham pada Supermarket Hypermart dan toko Nayla Buah di Kota
Bengkulu. 2)Bagaimana perilaku konsumen terhadap pembelian buah pear Packham
pada Supermarket Hypermart dan toko Nayla Buah di Kota Bengkulu. Penelitian ini
dilaksanakan pada dua lokasi yang menjual buah. Penentuan lokasi penelitian ini
dilakukan secara sengaja (purposive) yaitu di Supermarket Hypermart Kota Bengkulu
yang berada di JL. Putri Gading Cempaka Kelurahan Penurunan Kecamatan Ratu
Samban Kota Bengkulu dan Toko Nayla Buah yang berada di JL. Dempo Raya
Kelurahan Sawah Lebar Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu yang dipilih secara
sengaja (purposive). Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Accidental
Sampling yaitu sebanyak 96 responden. Metode analisis data yang digunakan untuk
melihat sikap dan perilaku konsumen buah Pear Packham di Kota Bengkulu ini
menggunakan analisis deskriptif, skala likert, dan analisis multi atribut fishbein.
Konsumen buah Pear Packham memiliki sikap yang positif, netral dan negatif
terhadap atribut-atribut yang ada pada pembelian buah Pear Packham di Supermarket
Hypermart dan Toko Nayla Buah. Adapun atribut-atribut yang ada didalamnya yaitu
harga, kualitas, kuantitas, ketersediaan, tata ruangan, lokasi, fasilitas, kenyamanan pasar,
keadaan tempat parkir, kecepatan dalam melayani, jujur dalam melayani, informasi
tentang pasar, keamanan pasar dan menghargai konsumen. Nilai total konsumen sebesar
Supermarket Hypermart 7,27 dan Toko Nayla Buah 7,03 berarti positif, karena
konsumen setuju dengan atribut-atribut yang ada didalamnya. Sedangkan nilai untuk
perilaku konsumen adalah sebesar Supermarket Hypermart 4,98 dan Toko Nayla Buah
4,65 hal ini menunjukan bahwa perilaku konsumen positif terhadap buah Pear Packham.
Perilaku konsumen dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu sikap konsumen dan norma subjektif,
didalam norma subjektif terdapat keyakinan normatif dan motivasi di dalamnya
keyakinan normatif dan motivasi terdapat atribut didalamnya yaitu keluarga, teman dan
media sosial. Hasil yang positif tersebut menunjukan bahwa perilaku konsumen terhadap
buah Pear Packham di Supermarket Hypermart dan Toko Nayla Buah adalah loyal. Hal
ini berarti, konsumen akan datang membeli dan mengkonsumsi lagi buah Pear Packham.
Kata Kunci: buah Pear Packham, Sikap, Perilaku Konsumen, Supermarket Hypermart,
Toko Nayla Buah, Likert, Fishbein.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 22 Aug 2024 03:51
Last Modified: 22 Aug 2024 03:51
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20389

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200