ANALISIS TINGKAT KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP BERAS SOKAN DI KOTA BENGKULU

Adrian, Rizky Rama Putra and Nyayu, Neti Arianti and Reflis, Reflis (2023) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP BERAS SOKAN DI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
SKRIPSI UNTUK PERPUSTAKAAN - Adrian Rizky Rama Putra.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Salah satu produk harian (Daily) masyarakat Indonesia adalah beras. Beras
merupakan makanan pangan pokok yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat
Indonesia. Penduduk di Indonesia sangat bergantung dengan beras, sehingga beras
memiliki peranan yang sangat penting untuk masyarakat Indonesia. Dalam kriteria mutu
rasa, beras terbagi menjadi dua jenis yaitu beras pera dan beras pulen yang nantinya kedua
beras ini akan dimasak/diolah menjadi nasi pera dan nasi pulen. Nasi pera adalah nasi yang
keras, kering setelah dingin, lebih mengembang dan tidak lekat satu sama lain. Sebaliknya,
nasi pulen adalah nasi yang cukup lunak walaupun sudah dingin, lekat walaupun tidak
seperti ketan, antar biji lebih berlekatan satu sama lain dan mengkilap. Dari berbagai jenis
merek pada beras pera tersebut, beras Sokan harus bisa memiliki tingkat persaingan yang
tinggi untuk dapat bertahan atau untuk menjadi pemenang dalam persaingan bisnis beras
pera yang ada di Kota Bengkulu. Berdasarkan dari hal tersebut maka peneliti tertarik untuk
meneliti tentang bagaimana tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen terhadap beras Sokan
di Kota Bengkulu.
Penelitian ini dilakukan di tiga toko penjualan beras, yaitu toko beras Fitri, Toko
Beras Nur yang berada di jalan Panorama Kota Bengkulu, dan Toko Beras Mauri yang
berada di Jalan Flamboyan Skip Kota Bengkulu pada tanggal 15 Desember 2021 sampai
15 Januari 2022. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
non probability sampling (sampel tanpa peluang), yaitu dengan menggunakan metode
accidental sampling. Jumlah populasi pada penelitian ini tidak diketahui, maka dari itu
peneliti menentukan banyaknya sampel menggunakan metode standar eror untuk proporsi
atau persentasi (Suhartanto, 2014). Sampel pada penelitian ini berjumlah 96 orang.
Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode Importance
Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI), Metode Piramida
Loyalitas dan uji statistik Rank Spearmen. Hasil analisis yang diketahui menggunakan IPA
atribut yang perlu dipertahankan yaitu atribut rasa, aroma, ketahanan pada kemasan beras,
daya tahan beras ketika disimpan, keperaan beras, spanduk beras, tempat penjualan beras
yang terjangkau, dan kebersihan toko. Atribut yang perlu ditingkatkan dan diperhatikan
yaitu kebersihan beras, daftar harga beras pada toko, dan harga beras. Hasil perhitungan
Customer Satisfaction Index (CSI) sebesar 81,22 persen yang masuk ke dalam kategori
sangat puas. Konsumen belum dikatakan sebagai konsumen yang sepenuhnya loyal karena
berdasarkan hasil analisis piramida loyalitas, nilai dari Committed Buyer masih lebih
rendah dibandingkan tingkatan lainnya yang dimana konsumen yang loyal adalah
konsumen yang bersedia untuk merekomendasikan beras Sokan kepada orang lain, namun
pada hasil penelitian ternyata konsumen masih ragu-ragu untuk merekomendasikan kepada
orang lain.
Kata Kunci : Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen, Beras, Beras Sokan

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 23 Aug 2024 03:02
Last Modified: 23 Aug 2024 03:02
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20454

Actions (login required)

View Item
View Item