Purnama, Nova and Mirza, Yasben and Suratman, Suratman (2021) ANALISIS SURVEI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) PADA PELAYANAN PUSKESMAS TEBAT KARAI KABUPATEN KEPAHIANG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Skripsi Nova Purnama(D1D116028).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan
pada pelayanan Puskesmas Tebat Karai Kabupaten Kepahiang yang diukur
berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi
Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan
Masyarakat.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi
dalam penelitian ini berjumlah 1.348 orang dengan tingkat kesalahan 1% dan
diperoleh hasil 100 orang sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner
(angket),observasi (pengamatan) dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan rumus
Product Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indeks Kepuasan Masyarakat di
Puskesmas Tebat Karai Kabupaten Kepahiang sudah berjalan dengan baik. Hal ini
dapat dilihat dari 9 (sembilan) indikator sesuai Permenpan-RB No. 14 Tahun 2017
dengan rata-rata mutu pelayanan berada pada kategori baik dengan nilai konversi
IKM sebesar = 78,423. Hasil dari 9 unsur Indeks Kepuasan Masyarakat adalah
sebagai berikut: (1) persyaratan memiliki nilai IKM sebesar 79,58 dengan kategori
baik, (2) sistem dan mekanisme serta prosedur memiliki nilai IKM sebesar 77,93
dengan kategori baik, (3) waktu penyelesaian memiliki nilai IKM sebesar 79,25
dengan kategori baik, (4) biaya/tarif memiliki nilai IKM sebesar 78,5 dengan
kategori baik, (5) produk spesifikasi jenis pelayanan memiliki nilai IKM sebesar
78,13 dengan kategori baik, (6) kompetensi pelaksana memiliki nilai IKM sebesar
78,75 dengan kategori baik, (7) perilaku pelaksana memiliki nilai IKM sebesar
79,5 dengan kategori baik , (8) penanganan pengaduan dan saran serta masukan
memiliki nilai IKM sebesar 79,9 dengan kategori baik, dan (9) sarana dan
prasarana memiliki nilai IKM sebesar 80,63 dengan kategori baik.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration |
Depositing User: | 58 darti daryanti |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 04:42 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 04:42 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20621 |