PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mahasiswa Prodi D3 Keperawatan STIKes Garuda Putih Jambi)

Purdiyanto, Purdiyanto and Johanes, Sapri and Muhammad, Kristiawan (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mahasiswa Prodi D3 Keperawatan STIKes Garuda Putih Jambi). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of DISERTASI] Text (DISERTASI)
DISERTASI PBL PURDIYANTO FIX 3 - Eva Istapra.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model PBL dapat
meningkatkan kemandirian, kemampuan berpikir kritis, dan efektivitas dalam
meningkatkan prestasi belajar pada mahasiswa tingkat II program studi D3
Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Garuda Putih Jambi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran yang diawali dengan
melakukan classroom action research sampai menemukan siklus yang tepat
kemudian dilanjutkan dengan penelitian kuantitatif model quasi experiment
menggunakan Pre-experimental design one group pretest-postest yakni rancangan
eksperimen yang dilakukan pada satu kelompok yang diberikan tes awal sebelum
diberikan perlakuan (treatment) dan diberikan tes akhir setelah diberikan
perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat
meningkatkan aspek kemandirian belajar mahasiswa dari ketegori cukup menjadi
kategori sangat baik. Penerapan model PBL dapat meningkatkan aspek kemampuan
berpikir kritis mahasiswa dari kategori cukup menjadi kategori baik. Penerapan
model PBL dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dilihat dari nilai
ketuntasan belajar mahasiswa yang mengalami peningkatan sebesar 42.85%.
Penerapan model PBL efektif meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dilihat dari
peningkatan nilai rata-rata sebesar 13.70%. Keterbaruan penelitian berupa
perbaikan proses pada langkah pembalajaran model PBL dengan menyusun laporan
mini research sebagai suplemen pembelajaran. Model PBL dapat dijadikan sebagai
alternatif pembelajaran yang perlu dipertimbangkan untuk digunakan oleh pendidik
dalam kegiatan pembelajaran pada mata kuliah Keperawatan Nyeri dan mata kuliah
lain yang memiliki karakteristik sejenis. Sedangkan, keterbatasan penelitian
terletak pada aspek yang diteliti, yaitu kemandirian belajar dan kemampuan berfikir
kritis.
Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Kemandirian Belajar, Kemampuan
Berpikir Kritis, Prestasi Belajar, Efektivitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 26 Aug 2024 05:01
Last Modified: 26 Aug 2024 05:01
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20623

Actions (login required)

View Item
View Item