Mulyani, Salamah Dwi and Arono, Arono and Rio, Kurniawan (2023) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 MUKOMUKO. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_Salamah Dwi Mulyani_FIX - Salamah Dwi Mulyani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis
teks berita dilihat dari aspek pendahuluan, inti pembelajaran, dan penutup.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu
untuk mendapatkan gambaran pelaksanaan pembelajaran menulis teks berita.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 12 Mukomuko. Sampel
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 12 Mukomuko yang
berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan
pembelajaran guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis data kualitatif menggunakan model Miles dan
Huberman yaitu, mengumpulkan data, mengelompokan data, menganalisis data,
dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini secara umum menunjukan bahwa
kegiatan pelaksanaan pembelajaran menulis teks berita sudah dilaksanakan
dengan tiga tahapan yaitu pendahuluan, inti pembelajaran, dan penutup. Hasil
penelitian secara khusus menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis
teks berita siswa kelas VIII sudah dilaksanakan dengan tiga tahapan: pertama
kegiatan pendahuluan, guru mengucapkan salam, berdoa bersama, melakukan
presensi, tanya jawab terkait materi teks berita, menyampaikan materi yang akan
dibahas yaitu menulis teks berita. Kedua, kegiatan inti pembelajaran guru
mengajak siswa memahami materi unsur-unsur teks berita, struktur dan kaidah
kebahasaan teks berita, cara meringkas dan menulis teks berita, guru bersama
siswa menyimpulkan pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran guru
menggunakan model problem based learning adapun tahapan yang belum
dilaksanakan dalam model pembelajaran problem based learning yaitu pada tahap
orientasi siswa pada masalah guru belum menyampaikan tujuan pembelajaran,
pada tahap membimbing pengalaman individual kelompok siswa belum
berdiskusi dengan baik karena keterbatasan waktu, guru juga belum menggunakan
sumber informasi lain dalam kegiatan pembelajaran. Guru juga menggunakan
model project based learning dalam kegiatan pembelajaran yaitu guru
memberikan tugas kepada siswa untuk menulis teks berita dan mengumpulkan
hasil tulisan siswa. Guru mengajar belum sesuai dengan pedoman RPP karena di
dalam RPP tidak terdapat model pembelajaran project based learning. Guru juga
menggunakan pendekatan saintifik. Ketiga, kegiatan penutup guru memberikan
tugas dan mengucapkan salam.
Kata Kunci: Pelaksanaan Pembelajaran, Menulis, Teks Berita.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 03:50 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 03:50 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20710 |