PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TANDUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI SMAN 6 KOTA BENGKULU

sari, Windri ivo and Indra, Sakti Lubis and Eko, Risdianto (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TANDUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI SMAN 6 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Skripsi_Windri Ivo Sari_UNIB - windri ivosari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, yang pertama menjelaskan apakah terdapat pengaruh
penerapan model pembelajaran TANDUR terhadap hasil belajar siswa. Yang kedua
mengetahui besar pengaruh model pembelajaran TANDUR. Penelitian ini
dilakukan di dua kelas XI MIPA SMAN 6 Kota Bengkulu. Sampel pada penelitan
ini melibatkan 2 kelas yaitu kelas XI MIPA B sebagai kelas ( Eksperimen ) serta
kelas XI MIPA C sebagai kelas ( Kontrol ). Jumlah siswa yang teribat di penelitian
ini adalah sebanyak 66 siswa yang terdiri dari 33 siswa dari kelas XI MIPA B dan
33 siswa dari kelas XI MIPA C. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar fisika. Analisisi data
menggunakan uji-t dua sampel independent untuk pengaruh hasil belajar siswa.
Serta menggunakan uji determinasi untuk besar pengaruh model pembelajaran
TANDUR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
terhadap hasil belajar siswa antara yang diajarkan menggunakan model
pembelajaran TANDUR dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran
ceramah dengan data sebesar thitung = 6,3 > ttabel = 1,99 pada taraf signifikan (
0,05 ). Sedangkan besar pengaruh penerapan model pembelajaran TANDUR
terhadap hasil belajar fisika siswa yaitu sebesar 40%. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran TANDUR berpengaruh secara signifikan terhadap hasil
belajar siswa serta terdapat cukup besar pengaruh model pembelajaran TANDUR
terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci : Hasil belajar, model pembelajaran TANDUR

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 30 Aug 2024 09:37
Last Modified: 30 Aug 2024 09:37
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20978

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200