PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN BAGI GURU DALAM PENDAMPINGAN SISWA PENYANDANG DISLEKSIA DI SEKOLAH DASAR PENYELENGGARA INKLUSI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA (Studi Kasus di SD N Karang Kemiri OKU Timur Sum – Sel)

Franzhardi, Didi and Johanes, Sapri and I Wayan, Dharmayana (2025) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN BAGI GURU DALAM PENDAMPINGAN SISWA PENYANDANG DISLEKSIA DI SEKOLAH DASAR PENYELENGGARA INKLUSI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA (Studi Kasus di SD N Karang Kemiri OKU Timur Sum – Sel). Doctoral thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Disertasi] Archive (Disertasi)
DIDI BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - Didi Franzhardi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan modul
pembelajaran membaca disleksia untuk anak berkesulitan belajar kelas
I dan mengetahui kelayakan modul. Penelitian ini menggunakan
prosedur pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation, Evaluation) Subjek penelitian adalah siswa disleksia
berkesulitan belajar membaca kelas I SD. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, tes kemampuan membaca, tes soal essay,
angket validasi produk dan angket respon guru, siswa. Analisis data
penelitian menggunakan analisis kuanntitaif dan kualitatif, Hasil
penelitian yaitu kelayakan modul pembelajaran membaca disleksia uji
validasi kelayakan modul pada aspek bahasa, aspek materi/isi, aspek
kegrafikan, aspek penyajian dan penilaian guru secara keseluruhan
menunjukkan hasil validitas ahli dan guru berjumlah 16,9 dengan rata-
rata 4,2 yang berarti berkategori “Baik” modul ini layak dan efektif
digunakan. Selain itu hasil tes siswa disleksia mengalami peningkatan
dilihat dari nilai rata-rata pre test 33,3 sedangkan nilai post test setelah
menggunakan modul pembelajaran membaca disleksia yaitu 58,3.
Modul ini memiliki kontribusi besar dalam pembelajaran di kelas
sebagai pedoman pembelajaran membaca siswa disleksia. Dapat
disimpulkan bahwa kebaharuan pengembangan modul pembelajaran
membaca permulaan bagi guru dalam pendampingan siswa penyandang
disleksia dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa.
Modul yang telah teruji dan layak digunakan sebagai sumber belajar.
Kata Kunci: Pengembangan, Modul, Disleksia, Inklusi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 22 Jul 2025 02:11
Last Modified: 22 Jul 2025 02:11
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21086

Actions (login required)

View Item
View Item