AL WARITS, BADRANI and Rasianna, Br Saragih and Dioni, Ditya Perdana (2021) STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI USAHA DI MASA PANDEMI. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Skripsi Badrani Al Warits (D1E017090).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi bisnis Cafe
D’Coffein dalam mempertahankan eksistensi usaha di masa pandemi, penelitian
ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data
menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Adapun
informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang diantaranya pemilik Cafe
D’Coffein dan 4 orang konsumen. Adapun hasil dari penelitian ini bahwa strategi
komunikasi bisnis yang diterapkan oleh Cafe D’Coffein dalam mempertahankan
eksistensi usahanya di masa pandemi Covid-19 dianalisis menggunakan teori
marketing mix 4P, Dari strategi marketing mix yang dominan dalam
mempertahankan eksistensi usaha D’Coffein ialah strategi produk dan promosi,
karena konsumen cenderung lebih mementingkan kualitas produk dan pada masa
pandemi covid-19 ini promosi melalui media sosial merupakan strategi yang
efektif, untuk semakin memperluas jangkauan promosi D’Coffein menerapkan
strategi event marketing yang memanfaatkan momen-momen perayaan tertentu
seperti saat perayaan hari kemerdekaan, hari raya keagamaan dan lainnya. Adapun
faktor pendukung dalam mempertahankan eksistensi D’Coffein adalah lokasi café
yang strategis, dekorasi ruangan café yang berdesain modern, dan bahan baku
produk Café D’Coffein yang berkualitas. Dan adapun hambatan yang dialami
D’Coffein adalah kurangnya dan terbatasnya aktivitas pengunjung ke Café akibat
kebijakan PSBB dan PPKM, sehingga D’Coffein tidak dapat memberikan
pelayanan terbaik mereka secara langsung pada konsumen.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Departemen of Comunication |
Depositing User: | 58 darti daryanti |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 08:28 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 08:28 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21180 |