Safira, Ayu and Neza, Agusdianita and Resnani, Resnani (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO JARING - JARING BANGUN RUANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD GUGUS VI BENGKULU UTARA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1-5 SKRIPSI AYU SAFIRA_compressed - Ike Rahma.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media
video jaring-jaring bangun ruang terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran
Matematika kelas V SD Gugus VI Bengkulu Utara. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kuantitatif, metode penelitian ini adalah quasi
eksperimen dengan desain penelitian penelitian ini adalah The Matching Only
Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini seluruh SD Negeri
gugus VI yang berakreditasi B, dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas V SDN
44 Bengkulu Utara sebagai kelas kontrol dan SDN 45 Bengkulu Utara sebagai
kelas eksperimen. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji
normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis dari hasil nilai siswa. Dalam
penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan lembar kerja siswa. Hasil
penelitian didapat nilai uji normalitas pada data pretest siswa, didapat nilai
signifikansi sebesar 0,964 > nilai α sebesar 0.05 dengan kesimpulan bahwa setatus
nilai varian pretest kelas ekperimen dan kelas kontrol berasal dari varian yang
homogen. Pada data posttest siswa, didapat nilai signifikansi sebesar 0,000 < nilai
α sebesar 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa setatus nilai varian postest kelas
ekperimen dan kelas kontrol dengan varian yang tidak homogen atau dapat
dikatakan tidak sama. Pada analisis hipotesis, pada tabel hasil uji hipotesis dengan
menggunakan uji T pada program SPSS di atas di interpretasi bahwa nilai thitung
(8,184) > ttabel (1,708) maka disimpulkan video jaring-jaring bangun ruang
memberikan pengaruh yang signifikan terhadap nilai Matematika siswa.
Kata Kunci: Matematika Sekolah Dasar, Media Video Jaring-Jaring Bangun
Ruang.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 02:47 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 02:47 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21238 |