PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN PADA GUGUS XII KOTA BENGKULU

Mulya, Nando and Resnani, Resnani and Dalifa, Dalifa (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN PADA GUGUS XII KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Nando Mulya (A1G019065) SKRIPSI - Nando Mulya.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar peserta didik
pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SDN Pada Gugus XII Kota
Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode peneltian
Quasi Experimental dengan desain peneltian The Matching Only Pretest-Posttets
Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV
SDN yang terakreditasi A pada gugus XII di Kota Bengkulu, yang terdiri dari
SDN 20, SDN 60, SDN 81 dan SDN 99. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas
kontrol adalah kelas IV SDN 99 Kota Bengkulu dan kelas Eksperimen adalah
kelas IV A SDN 20 Kota Bengkulu. Teknik penentuan sampel menggunakan
purposive sampling dan kemudian dilanjutkan dengan Simple Random Sampling.
Instrument yang digunakan adalah lembar tes berbentuk soal pilihan ganda.
Pengambilan tes dilakukan sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung pada
kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data penelitian kemudian dianalisis
menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat, dan uji inferensial. Dari hasil uji-t
didapatkan hasil posttest peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol
didapatkan nilai thitung (2,35) lebih besar dari nilai ttabel (2,009). Karena nilai thitung
> ttabel pada taraf signifikan 5%, maka Ha diterima. Sehingga disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match
terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV
SDN pada gugus XII Kota Bengkulu, karena adanya perlakuan yang berbeda
terhadap kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Make a Match, Hasil Belajar,
Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Sep 2024 02:47
Last Modified: 10 Sep 2024 02:47
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21244

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200